TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Biar Gak Salah Masuk

Buat kamu yang nggak mau salah jurusan

ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Pixabay)

Bagi pelajar yang baru lulus sekolah, pasti bingung untuk memilih jurusan kuliah apa yang cocok, ada yang masih dilema memilih di antara dua, ada yang masih bingung ingin terjun ke bidang yang mana, dan bahkan masih ragu dengan satu pilihan yang dimiliki. Banyak dari mereka yang masih bingung memilih jurusan kuliah.

Nah, biar gak bingung milih jurusan kuliah coba lakukan tips-tips berikut ini biar nanti gak merasa salah jurusan.

1. Kenali minat dan bakat

ilustrasi mengenali bakat sendiri (pexels.com/Felicity Tai)

Yang paling penting dalam memilih jurusan adalah kamu harus mengenali minat dan bakat mu, kamu harus tahu hal apa yang paling kamu sukai. Misalnya kamu suka pelajaran IPA, maka kamu bisa mengarah ke jurusan kedokteran atau sains.

Dengan seperti itu kamu bisa mengetahui jurusan yang kamu inginkan, jangan sampai kamu memilih jurusan yang enggak banget sama kamu ya.

Baca Juga: Jangan Galau Pilih Jurusan Kuliah, Ini 5 ‘Rumusnya’

2. Melakukan riset saat mencari jurusan

ilustrasi melakukan riset (pexels.com/Polina Zimmerman)

Setelah mengenali bakat mu carilah jurusan yang menarik minat mu dan yang paling mendekati bakat mu, pertimbangkan lah setiap jurusan yang kamu pilih.

Jangan lupa kamu juga harus mencari kualitas dari jurusan yang kamu pilih, dan mencari informasi dari universitas-universitas yang ingin kamu tuju.

3. Mempertimbangkan peluang masa depan dari setiap jurusan

ilustrasi mempertimbangkan jurusan (pexels.com/Yan Krukov)

Setiap jurusan pastilah mempunyai peluangnya masing-masing, jadi kamu harus mempertimbangkan peluang yang ada pada jurusan yang ingin kamu ambil.

Seperti mempertimbangkan jurusan yang memiliki prospek karier yang menjanjikan di masa depan, jadi kamu bisa membayangkan pekerjaan apa yang akan kamu cari nanti.

4. Menyesuaikan biaya kuliah

ilustrasi menghitung biaya (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap jurusan mempunyai biaya masing-masing, ada yang puluhan juta atau bahkan sampai ratusan juta. Jadi jika kamu ingin mengambil jurusan maka pertimbangkan lah dengan keuangan yang kamu punya.

Atau kamu bisa meminta saran dan berdiskusi dengan orang tua mu terlebih dahulu terkait jurusan kuliah yang ingin kamu tuju.

Baca Juga: 5 Solusi Bijak saat Kamu Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah

Verified Writer

Dyah Sekar aruni

Berjuang dengan hidup yang tidak pasti dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya