TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Poin Kenapa Pendidikan Itu Tinggi Penting dan Cara Mendapatkanya

Ingat! Pendidikan itu nomor satu

Shutterstock/Namart Pieamsuwan

Bagi beberapa perempuan, mungkin pernikahan adalah sesuatu yang harus menjadi pencapaian mereka. Namun di zaman sekarang, seorang perempuan mulai menyeimbangkan hal-hal lain selain hanya sekadar mencari seorang pasangan. Salah satunya adalah melalui pendidikan.

Untuk itu sebelum kamu memikirkan pernikahan, alangkah baiknya kamu juga memikirkan pendidikan dan mimpi-mimpi yang ingin kamu kejar. Mengapa? Yuk, simak alasan-alasan berikut ini. Siapa tahu kamu jadi makin mantap menentukan tujuan hidup kamu.

1. Meningkatkan stabilitas ekonomi negara

Shutterstock/BUNDITINAY

Peran edukasi ini penting banget lho untuk pertumbuhan ekonomi negara. Seperti yang telah disebutkan tadi, melalui pendidikan, kamu bisa mewujudkan cita-cita kamu di dunia kerja. Kemudian ketika kamu sudah mandiri secara finansial dengan bekerja, kamu bisa membantu menafkahi keluarga kamu sekaligus berkontribusi untuk perekonomian Indonesia.

Meski demikian, tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia sendiri masih rendah lho. Survei Angkatan Kerja Nasional pada bulan Agustus 2018 mencatat hanya sebesar 51,88 persen dari total penduduk perempuan di Indonesia.

Namun menurut sebuah studi dari McKinsey, jika Indonesia dapat mengoptimalkan peran perempuan di lingkungan kerja, pada tahun 2025 Produk Domestik Bruto (PDB) diprediksi dapat mencapai USD135 miliar per tahun. Ini diperkuat oleh data bahwa setiap 10 persen perempuan yang menerima pendidikan, PDB dari suatu negara diprediksi dapat meningkat sebesar 3 persen. Udah kebayang ‘kan betapa pentingnya pendidikan?

2. Membuat perempuan memiliki kekuatan dan suara di masyarakat

Shutterstock/Pressmaster

Pendidikan membuat seorang perempuan memiliki suara serta bargaining power di tengah-tengah masyarakat. Contoh nyatanya adalah seorang politisi perempuan yang dengan kekuasaan yang ia miliki, ia bisa menjadi perpanjangan tangan masyarakat untuk membuat kebijakan demi kepentingan orang banyak. Kamu setuju?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya