TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hangeul 101: Pahami Dulu 7 Pelafalan Vokal yang Sering Keliru Ini

Sudah benar semua apa belum?

Instagram.com/sbsdrama.official

Salah satu kesulitan dalam mempelajari bahasa asing adalah tentang pelafalan abjadnya. Tak terkecuali alfabet dalam bahasa Korea. Pelafalan huruf vokal dalam bahasa Korea menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi pemula.

Tapi tak perlu khawatir, karena di sini akan ada penjelasan mengenai tujuh macam pengucapan huruf vokal dalam bahasa Korea yang masih sering keliru. Kira-kira ada berapa pelafalan yang kamu baru tahu? Check this out!

1. Pelafalan huruf 'eo' dan 'yeo'

Dok. Pribadi/Indy Mabarroh

Saat mengucapkan 어/여, mulut akan menjadi terbuka lebih lebar. Dalam bahasa Indonesia, padanan bunyi yang sesuai dengan pelafalan huruf ini contohnya adalah tokoh. Atau seperti saat kita mengucapkan kata young dalam bahasa Inggris.

2. Pelafalan huruf 'o' dan 'yo'

Dok. Pribadi/Indy Mabarroh

Berbeda dengan pelafalan huruf sebelumnya, untuk mengucapkan 오/요, bibir membentuk bulatan kecil yang sempurna. Dalam bahasa Indonesia, padanan bunyi yang sesuai dengan pelafalan huruf ini contohnya adalah toko, info, atau koko.

Baca Juga: Hangeul 101: 6 Cara Menyusun Suku Kata Huruf Korea, Ada Tipsnya Juga!

3. Pelafalan huruf 'ae', 'wae', dan 'yae'

Dok. Pribadi/Indy Mabarroh

Pengucapan 애/왜/얘 membuat mulut menjadi terbuka lebih lebar dibanding dengan mengucapkan bunyi e biasa. Padanan bunyi dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan pelafalan huruf ini contohnya adalah teh, ekspresi, beres, dan merah. Jika dalam bahasa Inggris, pengucapan huruf ini seperti saat mengucapkan kata check, hand atau head.

4. Pelafalan huruf 'e', 'we', dan 'ye'

Dok. Pribadi/Indy Mabarroh

Pelafalan 에/웨/예 sangat mirip seperti saat kita mengeja urutan alfabet e dalam bahasa Indonesia; a, b, c, d, e. Padanan bunyi yang sesuai dengan pelafalan huruf ini contohnya adalah koreografi atau teko dalam bahasa Indonesia. 

5. Pelafalan huruf 'eu'

Dok. Pribadi/Indy Mabarroh

Pengucapan 으 seperti saat orang Sunda mengucapkan kata geulis. Contoh padanan bunyi dalam bahasa Indonesia adalah telat, tenang, atau negara.

6. Pelafalan huruf 'oe'

Dok. Pribadi/Indy Mabarroh

Salah satu huruf vokal yang masih sering keliru pengucapannya adalah 외. Biasanya huruf ini memang diromanisasikan dengan oi. Namun, cara membacanya bukan o-i melainkan o-e, jika dibaca cepat menjadi we.

Contoh kata dalam bahasa Korea yang menggunakan huruf ini adalah 최시원 (Choi Siwon). Membacanya bukan cho-i si-won, tapi chwe si-won. Cobalah membuka audio di Google voice untuk mendengarkan pelafalan ini.

Baca Juga: Hangeul 101: Yuk, Kenali 5 Dasar Tentang Huruf Korea Ini, Gak Sulit!

Verified Writer

Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya