TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Jurusan Biologi, Bukan Sekadar Bedah Binatang Lho!

Biologi itu lebih kompleks dari belajar tanaman dan hewan

illinoisstate.edu

Pelajaran biologi sudah dipelajari sejak SMP, pelajaran yang penuh tantangan dan keseruan ini memiliki banyak peminat karena bukan hanya bedah binatang namun ada banyak hal unik lain yang bisa didalami.

Bagi kamu yang menyukai makhluk hidup, alam bebas, dan berjiwa petualang, jurusan ini cocok banget buat kalian. 

Buat menambah wawasan, berikut 5 fakta jurusan biologi yang bisa kamu ketahui!

1. Mahasiwa biologi dituntut untuk cekatan dalam menghafal

freeeducator.com

Dalam biologi segala lapisan dan bagian dalam makhluk hidup dianalisa dan sebagai orang yang melakukannya mahasiswa biologi harus tahu apa saja nama-nama dari bagian yang mereka pelajari.

Hal ini menuntut sifat cekatan saat menghafal karena jika tidak pekerjaan akan menjadi terhambat. Bukan cuma satu atau dua hafalan tapi seluruh makhluk hidup yang sedang didalami harus diketahui secara mendetail, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi Itu Penuh Petualangan

2. Biologi gak berarti terbebas dari matematika

news.mit.edu

Meskipun identik dengan tumbuhan dan hewan namun jurusan ini juga tidak bisa lepas dari matematika. Ada bagian analisa yang butuh perhitungan matang, jadi jangan berpikir bahwa jurusan biologi bisa terbebas dari matematika ya, guys.

Jurusan ini gak bisa sembarangan ditekuni, maka dari itu kamu yang bisa bertahan atau bahkan berhasil lulus dari sini patut diacungi jempol!

3. Siap menghadapi praktikum setiap saat

mastersineducationonline.net

Biologi gak hanya berpaku pada teori pendahulu yang telah ada, namun praktikum demi praktikum setiap saat juga dijalani dengan tekun. Kamu harus belajar banyak hal baru dengan mengamatinya secara langsung.

Entah itu hewan atau tumbuhan mulai dari yang lucu hingga menyeramkan, anak biologi harus bersahabat dengan kenyataan ini. Sebelum mempelajari lewat praktikum gak jarang para mahasiswa biologi juga mencari bahannya hingga ke daerah terpencil lho. 

4. Anak biologi gak boleh manja atau mudah menyerah

science.iupui.edu

Karena harus berhadapan dengan alam beserta makhluk hidup di dalamnya, mahasiswa biologi itu gak boleh manja. Jangan mudah jijik atau takut dengan ini itu karena hal kaya gini bisa jadi masalah yang mengganggu proses pembelajaran.

Ada satu lagi hal yang gak boleh dimiliki sama mahasiswa biologi, yaitu mudah menyerah. Praktikum atau eksperimen yang dikerjakan itu gak selalu berhasil dan berjalan mulus. Kalau pada percobaan pertama sudah gagal dan menyerah, sulit rasanya bisa beradaptasi sama lingkungan di jurusan biologi.

Baca Juga: 7 Keuntungan Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Jurusan Geografi

Verified Writer

Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya