TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menulis Daftar Pustaka dari Website di Internet, Yuk Belajar Bersama!

Wajib mencantumkan sumber di daftar pustaka

ilustrasi perempuan bermain laptop (unsplash.com/anete_lusina)

Dalam membuat sebuah karya ilmiah seperti makalah atau skripsi, kamu pasti membutuhkan referensi. Sumber referensi bisa kamu temukan dari buku atau internet.

Sumber referensi yang kamu dapat itu nantinya harus kamu cantumkan di halaman terakhir karya ilmiah sebagai bentuk menghargai penulis tersebut. Tempat penulisan sumber itu disebut sebagai daftar pustaka.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menulis daftar pustaka dari website. Gimana sih cara penulisannya? Yuk, kita pelajari bersama!

1. Pengertian daftar pustaka

ilustrasi bekerja di kafe (pexels.com/@zen-chung)

Dilansir ruangguru, daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisikan berbagai sumber bacaan untuk dijadikan dasar informasi dalam mengerjakan tugasmu. Sumber tersebut bisa kamu dapatkan dari banyak tempat, seperti buku, jurnal, skripsi, sampai website internet.

Daftar pustaka adalah bagian penting dalam sebuah karya tulis. Dengan daftar pustaka, tulisan yang kita tulis dapat dikatakan benar dan terpercaya karena memiliki sumber yang jelas.

Baca Juga: Cara Penulisan Kata 'Pun' sebagai Partikel dalam Bahasa Indonesia

2. Jenis-jenis daftar pustaka dari website di internet

Ilustrasi laki-laki sedang mengetik di laptop (pexels.com/cottonbro)

Semakin berkembangnya teknologi, kita menjadi lebih mudah untuk mendapatkan sebuah informasi. Salah satu sumber informasi yang seringkali digunakan oleh para mahasiswa dalam membuat tugas karya ilmiah adalah internet.

Di internet sekarang terdapat banyak sekali website yang menyediakan informasi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Kamu hanya perlu menuliskan apa yang ingin kamu cari, setelah itu akan keluar berbagai website yang bisa kamu akses.

Dilansir beberapa sumber, dalam penulisan daftar pustaka dari website terdapat beberapa jenis yang harus kamu ketahui, antara lain :

  • ASA (American Social Association)
  • APA Style (American Psychological Association)
  • MLA (Modern Language Association)
  • MHRA (Modern Humanities Research Association)
  • CSE (Council Of Science Editors)

Baca Juga: Apa Itu Kalimat Langsung? Ini Dia Pengertian dan Contohnya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya