TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalam

Dicatat ya! #IDNTimesLife

pexels.com/ Artem Beliaikin

Keberagaman bahasa indonesia memang tiada duanya, tak kalah dengan bahasa negara lain yang memiliki bahasa dengan kosakata yang banyak. Semakin lama bahasa indonesia banyak dipelajari negara tetangga dan negara lain di dunia, keunikan bahasa di indonesia pun memiliki kendala yang sepele, kosakata yang cukup rumit dan banyak terkadang membuat bingung dan penat mencari arti dari kata tersebut.

Tak hanya keberagaman suku dan alam yang memesona, bahasa indonesia juga merupakan kebanggaan tersendiri. Keanekaragaman kata yang memiliki arti unik dan mendalam membuat semua bangga menjadi orang Indonesia, berikut sembilan kata dalam bahasa Indonesia yang belum kamu tahu memiliki makna mendalam. Simak yuk!

1. Amerta

pexels.com/Artem Beliaikin

Amerta dalam kamus besar KBBI termasuk dalam kelas kata sifat yang artinya tidak dapat mati, arti lain dari amerta ialah abadi atau tak dapat terlupakan.

2. Asmaraloka

pexels.com/Rheza Aulia

KBBI menyebutkan arti kata asmaraloka ialah dunia yang penuh cinta kasih, asmaraloka masuk ke dalam kelas kata sehingga asmaraloka dapat dinyatakan sebagai nama  seseorang, tempat dan segala yang dibendakan.

Baca Juga: 5 Kata dalam Bahasa Daerah Bangka yang Mirip dengan Bahasa Indonesia

3. Baswara

pexels.com/Renda Eko Riyadi

Baswara dalam bahasa sanskerta memiliki arti bercahaya dan berkilau, dengan huruf awalan B dan terdiri dari tujuh huruf kata baswara yang bermakna bercahaya dan berkilau  dapat kamu gunakan selama arti baswara tidak bermakna negatif di lingkunganmu. Arti lain baswara dalam bahasa Jawa dapat diartikan terang gemerlap.

4. Adiwarna

pexels.com/Ibadah Mimpi

Adiwarna memiliki 2 arti kata dalam kamus besar KBBI yang masuk ke dalam kelas kata sifat, adiwarna yang artinya indah sekali dan arti lainnya adalah bagus sekali.

5. Dersik

pexels.com/Febry Arya

KBBI menyebutkan bahwa arti kata dersik adalah desir yaitu bunyi angin dan lain sebagainya, artinya unik ya!

6. Nayanika

pexels.com/Elizaveta Dushechki

Nayanika dalam kamus bahasa sanskerta yang berati mata yang indah dan mamancarkan daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya. Wow, perfect!

7. Serendipiti

pexels.com/Nuh Rizqi

Serendipity tidak termasuk dalam kamus besar KBBI, dapat diartikan ketidaksengajaan yang menyenangkan membuat kata ini tidak terlalu familier. Kata ini tercipta dalam kondisi dan esensi diri bahwa terbentuknya kondisi psikologis manusia yang menguntungkan bagi dirinya sendiri.

8. Candala

pexels.com/Luis Quintero

Kamus besar KBBI meyatakan bahwa candala memiliki empat arti dan masuk ke dalam kata kerja dan kata sifat, candala yang memiliki arti rendah, hina dan nista jarang diketahui banyak orang karena tak ada yang tahu arti kata ini dalam lingkup bahasa indonesia.

Baca Juga: Tak Banyak Tahu, 10 Kosakata di KBBI Ini Mengandung Makna Indah

Verified Writer

Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya