TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sering Salah Sebut, 10 Kosakata Baku Ini Tak Banyak Diketahui Orang

Cek KBBI aja kalau gak percaya #IDNTimesLife

ilustrasi seorang genius (pexels.com/andrea piacquadio)

Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya kita tidak menggunakan ragam bahasa baku dan formal. Saat mengobrol dengan orang-orang terdekat di sekitar, biasanya kita akan menggunakan ragam bahasa non-formal yang lebih santai.

Karena terbiasa, kadang kita malah menggunakan kosakata tertentu tanpa sadar bahwa itu sebenarnya adalah kosakata yang tidak baku. Nah, ternyata masih banyak lho yang belum tahu bentuk baku dari 10 kosakata yang biasa digunakan sebagai percakapan sehari-hari ini.

Kalau kamu gak percaya coba cek KBBI, deh!

1. Genius

ilustrasi anak yang genius (pexels.com/mart production)

Orang yang punya kemampuan atau kecerdasan luar biasa umumnya kita sebut sebagai orang yang jenius. Namun sebenarnya itu kata yang tidak baku, karena kata yang baku sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah genius.

2. Fondasi 

ilustrasi fondasi bangunan (pexels.com/rodolfo quiros)

Sementara untuk menyebut struktur dasar sebuah bangunan, biasanya kata yang digunakan adalah pondasi. Padahal, kata yang baku adalah fondasi.

3. Hafal

ilustrasi orang menghafal sesuatu (pexels.com/monstera)

Begitu pula dengan kata hafal, yang sering disebut sebagai hapal. Jadi jangan sebut menghapal, karena yang benar adalah menghafal.

4. Lembap

ilustrasi suasana yang lembap (pexels.com/stanislav kondratiev)

Meski sering digunakan, kata lembab bukanlah kata yang baku. Yang tepat adalah kata lembap. Maka bentuk berimbuhan yang tepat pun bukan kelembaban, tapi kelembapan.

5. Respons

ilustrasi orang memberi respons dalam percakapan (pexels.com/christina morillo)

Kata respons seringkali salah disebut sebagai respon dalam keseharian kita. Arti kata itu sendiri adalah tanggapan atau reaksi.

6. Orisinal

ilustrasi lukisan orisinal (pexels.com/jean pierre)

Untuk menyebut 'asli', kata yang sering digunakan adalah original atau orisinil. Original memang kata baku, tapi itu kosakata bahasa Inggris. Sedangkan orisinil adalah kata bahasa Indonesia yang tidak baku, karena yang paling tepat adalah orisinal.

7. Merek

ilustrasi merek ternama (pexels.com/valeria boltneva)

Tanda pengenal atau nama sebuah produk umumnya ditulis sebagai merk. Tapi kata itu sebenarnya tidak tepat karena penulisan yang baku adalah merek.

8. Nakhoda

ilustrasi seorang nakhoda (pexels.com/ibrahim boran)

Kata nahkoda sering dipakai untuk menyebut orang yang berprofesi sebagai pemimpin tertinggi kapal laut. Padahal, kata yang sesuai KBBI bukan nahkoda, tapi nakhoda.

9. Ateis

ilustrasi ateis (economictimes.com)

Orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan sering disebut sebagai atheis. Namun, kata yang lebih tepat seharusnya adalah ateis.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya