TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Trik Mudah Kuasai English Tenses, Dijamin Jago Deh!

Belajar English tenses itu gak sulit!

fessud.eu

Tenses adalah salah satu bagian English grammar yang sangat penting. Untuk bisa mahir berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, seseorang harus menguasai English tenses. Berikut 4 langkah sederhana untuk menguasai English tenses.

1. Pahami dan Ingat Irregular Verbs

https://languageonschools.com

Verbs atau kata kerja yang terdapat dalam suatu kalimat berkaitan erat dengan tense atau waktu dari kalimat tersebut. Karena itulah, mempelajari verbs khususnya yang berkaitan dengan perubahan bentuk kata kerja adalah hal yang utama dalam belajar tenses

Verbs yang berkaitan erat dengan tenses terbagi 2 jenis ada yang regular (beraturan) dan irregular (tidak beraturan). Karena perubahan bentuk regular verbs selalu konstan, yakni ditambahkan akhiran -d/-ed di setiap akhir kata, maka mulailah dengan mempelajari irregular verbs

Meski jumlah irregular verbs dalam bahasa Inggris cukup banyak, sebagai langkah awal mulailah dengan mempelajari common irregular verbs (kumpulan kata kerja tidak beraturan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari). Pelajari dan ingatlah perubahan bentuk setiap irregular verbs itu.

2. Gunakan Teknik Mind Mapping

http://www.tt-group.net

Mind Mapping adalah salah satu teknik yang efektif untuk belajar English tenses. Pelajarilah terlebih dahulu materi English tenses yang ada di buku. Kemudian, tuangkanlah materi yang telah kamu ketahui tentang tenses dalam sebuah Mind Mapping. Mulailah dengan menulis jenis tenses lalu diikuti dengan hal-hal yang berkaitan dengan tenses tersebut. 

Teknik Mind Mapping ini akan membantumu mengingat seluk-beluk tenses dari materi yang telah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah Mind Map-mu sekreatif mungkin agar kamu dapat menikmati prosesnya. Setelah Mind Map-mu selesai, tempellah Mind Map-mu di dinding kamar atau di dalam bukumu agar kamu tetap dapat mempelajarinya lagi ataupun mengembangkannya.

3. Kerjakanlah Soal-Soal English Tenses

https://www.additudemag.com

Untuk mengasah pemahamanmu tentang English tenses yang telah kamu pelajari, kerjakanlah soal-soal English tenses baik yang kamu dapatkan di dalam buku ataupun yang kamu download di internet. Mulailah dengan mengerjakan soal pilihan ganda. Setelah itu, kerjakanlah soal esai.

Writer

Rahmadania

Writing is My Life. Spreading Goodness & Happyness. IG: nia_twinkle

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya