TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kosakata Homonim dalam Bahasa Minang, Kata Sama tapi Makna Beda nih!

Ternyata maknanya bisa kontras banget #LokalIDN

rctiplus.com

Homonim merujuk pada suatu kata yang mempunyai makna atau arti yang berbeda namun memiliki pelafalan dan ejaan yang sama. Salah satu contohnya adalah kata "bulan" dalam bahasa Indonesia, yang dapat bermakna nama satelit yang mengitari Bumi serta penanggalan dalam kalender. 

Nah, dalam bahasa daerah seperti bahasa Minang, homonim tersebut juga banyak ditemukan, lho. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Lamak

instagram.com/pkulover

Kata "lamak" dapat diartikan sebagai "enak" dalam bahasa Indonesia. Contohnya adalah untuk mendeskripsikan cita rasa suatu sajian. Selain itu, "lamak" juga bermakna lemak. Misalnya merujuk pada lemak di tubuh manusia.

Baca Juga: Sukses Jadi Pengusaha, 7 Influencer Ini Ternyata Berdarah Minang

2. Galeh

freepik.com

Secara umum, "galeh" merupakan bahasa Minang untuk salah satu peralatan minum, yakni gelas. Akan tetapi, kata "galeh" dapat pula diartikan sebagai barang-barang dagangan atau jualan. 

3. Inyiak

livescience.com

Di daerah tertentu, "inyiak" merujuk pada makna harimau. Kendati demikian, kata "inyiak" ternyata memiliki makna berbeda di daerah lain. Tepatnya, "inyiak" adalah sebutan untuk nenek.

4. Batiak

cookinglight.com

Agak mirip dengan bahasa Indonesia, "batiak" adalah bahasa Minang untuk kata "batik", yang merupakan kain khas Indonesia. Namun, "batiak" juga merujuk pada nama salah satu buah, yakni pepaya.

Baca Juga: 8 Kosakata untuk Kata Tanya dalam Bahasa Minang, Coba Pakai Yuk!

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya