TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTS

Biar kalau skor belum terpenuhi kamu gak rugi jutaan rupiah

megabites.com.ph

Tes IELTS (International English Language Testing System) saat ini kian populer. Tes ini merupakan syarat wajib buat kamu yang ingin lanjut kuliah ke luar negeri. Gak sedikit universitas atau pihak penyedia beasiswa mensyaratkan sertifikat IELTS dengan batas nilai minimum tertentu.

Karenanya, banyak orang berlomba-lomba mendapatkan skor IELTS tinggi. Untuk mencapai skor tinggi, kamu bisa berlatih secara rutin, termasuk ikut simulasi tes IELTS.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus ikut tes simulasi sebelum ikutan tes resmi IELTS.

1. Kamu bisa dapat bayangan tentang situasi tes yang sesungguhnya

britishcouncil.qa

Tes simulasi IELTS bisa memberikan kamu gambaran tentang tes IELTS yang sebenarnya. Kamu akan tahu timing berjalannya setiap sesi tes dengan real-setting. Gak seperti latihan biasa, tes simulasi biasanya akan dibatasi waktu. Kalau rajin ikut tes simulasi IELTS, bukan gak mungkin kamu akan semakin piawai mengatur waktu dalam mengerjakan tes ini.

Baca Juga: Sebelum Ikut Tes IELTS, 5 Hal Ini Wajib Kamu Pahami!

2. Bisa meningkatkan kepercayaan diri karena lebih familier dengan soal tes

applyboard.com

Dengan ikut tes simulasi IELTS, kamu akan terbiasa dan familier dengan setting dan format soal yang diujikan. Dengan begitu, rasa gugupmu bisa berkurang, bahkan kepercayaan dirimu bisa meningkat saat kamu mengikuti tes resmi IELTS nantinya.

3. Menguji kemampuan bahasa Inggrismu saat ini

Pexels.com/mentatdgt

Tes simulasi IELTS membantu kamu untuk tahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu saat ini. Dalam IELTS, ada empat komponen berbeda yang dinilai dan bisa jadi patokan kemampuan bahasa Inggrismu. Tentu kamu penasaran kan dengan tingkat kemampuan bahasa Inggrismu sekarang?

4. Hasil tes simulasi bisa dipakai untuk menyusun strategi selanjutnya

turbotax.intuit.com

Hasil yang kamu peroleh dari tes simulasi bisa kamu jadikan bahan refleksi diri. Kamu bisa melihat kembali di mana bagian tes yang menjadi kelebihanmu dan bagian mana yang perlu kamu tingkatkan. Dengan begitu, kamu bisa menyusun rencana strategis untuk mempertahankan atau memperkuat kelebihanmu serta menghindari kesalahan di saat tes simulasi.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirian

Verified Writer

Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya