TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemikiran yang Harus Dibuang Jauh Kalau Ingin Skripsi Cepat Selesai

Kalau terus dibiarkan, bisa menghambat skripsimu lho!

Pexels/Andrea Piacquadio

Buat kamu mahasiswa S1, skripsi merupakan kegiatan penelitian yang wajib kamu selesaikan di akhir masa perkuliahan. Karena kerap menyita banyak pikiran dan tenaga, skripsi seringkali dianggap sebagai suatu 'beban'. Skripsi bahkan bisa jadi dianggap momok oleh sebagian mahasiswa. Gak heran, banyak mahasiswa yang ingin segera mengakhiri skripsinya.

Kalau kamu ingin skripsi cepat selesai, yuk hindari lima pemikiran berikut.

1. Masih ada banyak waktu

Pixabay.com/fr/DarkWorkX

Meski tergantung pada kebijakan masing-masing kampus, pengerjaan skripsi idealnya dibatasi waktu antara 6 bulan hingga satu tahun. Dengan tenggat waktu tersebut, kamu mungkin berpikir bahwa kamu punya waktu yang cukup banyak untuk mengerjakan skripsi. Dengan begitu, kamu menjadi mudah untuk menunda pengerjaan skripsi. Padahal ketika kamu sudah memasuki masa skripsi, waktu akan terasa berjalan begitu cepat lho.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dijadikan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

2. Skripsi terlalu mudah

Pixabay.com/id/RobinHiggins

Memang, kita harus berpikir positif dengan memandang bahwa skripsi bukanlah sesuatu yang sulit. Tapi jangan sampai kamu malah menganggap enteng skripsi. Kalau sampai itu terjadi, kamu mungkin akan mudah tergoda untuk menunda pengerjaan skripsi.

3. Kemampuan diri sendiri rendah

Pexels.com/Gustavo Fring

Poin ini berkebalikan dengan poin sebelumnya, yaitu berpikiran bahwa diri kita gak punya kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu. Padahal, kita semua punya peluang yang sama menyelesaikan tepat waktu, asal punya kemauan untuk terus berusaha. 

4. Dosen pembimbingmu killer

Pixabay.com/id/WikimediaImages

Gak bisa dimungkiri, karakter dosen pembimbing menjadi salah satu penentu cepat atau tidaknya kamu dalam menyelesaikan skripsi. Tiap dosen tentu punya karakter berbeda-beda. Ada yang mudah ditemui dan perhatian, ada yang susah ditemui, bahkan ada juga yang hobi memberi revisi.  

Namun seperti apa pun karakteristik dosen yang membimbing kamu, kamu harus tetap menjalin hubungan yang baik dengannya. Jangan sampai kamu berpikir negatif bahwa dosenmu killer, meski seandainya itu memang benar. Killer atau tidaknya dosen sebenarnya tergantung dari pemikiranmu sendiri, lho. Asal kamu tetap berlaku baik dan berusaha mengerjakan skripsi dengan baik, kamu tetap bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Baca Juga: Biar Skripsi Cepat Kelar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Ada Revisi dari Dosen

Verified Writer

Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya