TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Contoh Kata-kata Sambutan yang Baik dan Benar

Bagian penting dalam sebuah acara

Ilustrasi memberi kata sambutan (pexels.com/Igreja Dimensão)

Apa pun acaranya, pasti akan selalu ada kata-kata sambutan untuk membuka. Sifatnya bisa formal maupun kasual, tergantung dari situasi maupun jenis acaranya. Tapi terkadang, kita sering bingung apa yang harus diucapkan dalam sambutan tersebut.

Untuk itu, berikut ini beberapa contoh kata-kata sambutan untuk berbagai acara. Bisa kamu jadikan sebagai referensi, nih!

1. Contoh kata-kata sambutan singkat dan santai

Ilustrasi public speaking (Unsplash.com/neonbrand)

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Teman-temanku yang berbahagia, atas nama sahabat kita yang kini sedang berbahagia di hari ulang tahun, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman.

Mohon maaf apabila ada hal yang tidak berkenan dalam penyambutan teman-teman di acara ini. Sekecil apa pun tanda mata yang teman-teman berikan, semoga Tuhan membalasnya berlimpah-limpah.

Tidak ada hadiah yang paling bermanfaat kecuali doa yang kita panjatkan kepada teman kita, semoga teman kita dipanjangkan umurnya, dimudahkan rezeki, dan selalu mendapat rida-Nya.

Terima kasih sekian dulu sambutan dari saya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2. Contoh kata-kata sambutan untuk ketua panitia

Ilustrasi memberi sambutan (pexels/Andrea Piacquadio)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua, om swastiastu namo buddhaya, salam kebajikan.

Pertama, mari kita ucapkan rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat sehat, sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Tidak lupa selawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.

Yang terhormat (tamu undangan penting). Juga kepada hadirin yang datang pada hari ini.

Tak ada yang lebih membahagiakan dari hari ini, sebab akhirnya acara yang kita tunggu dapat terlaksana. Saya selaku ketua panitia mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh elemen yang sudah membantu, hingga akhirnya acara bisa dilangsungkan.

Hadirin yang saya hormati, secara umum acara akan (menjelaskan isi acara dengan ringkas).

Kami berharap acara ini mempunyai manfaat dan dampak baik bagi kita semua.

Pembukaan sambutan terakhir, saya kembali mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu acara hari ini. Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Baca Juga: 25 Kata-kata Bersyukur dalam Hidup, Membuatmu Lebih Bahagia!

3. Contoh kata-kata sambutan untuk sebuah rapat

ilustrasi seseorang yang sedang berpidato (pexels.com/祝 鹤槐)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat (pagi/siang/atau sore),

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat sehat, sehingga kita dapat berkumpul pada acara rapat hari ini.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada yang terhormat Bapak/Ibu (pimpinan atau pejabat struktural yang sudah hadir) karena sudah hadir dalam rapat hari ini. Selain itu, tentunya kepada rekan-rekan yang sudah meluangkan datang dan memenuhi undangan kami.

Pada hari ini, dalam rangka menyambut (acara yang hendak diselenggarakan), kami selaku (nama divisi), akan menjelaskan secara umum tujuan dari rapat hari ini.

Pertemuan hari ini akan dibahas (jelaskan pembahasan yang akan dirapatkan secara ringkas).

Saya mewakili tim yang lain, sekali lagi berterima kasih dan mengucapkan mohon maaf bila ada salah kata. Semoga rencana yang akan kita laksanakan berjalan dengan lancar.

Demikian kata sambutan dari saya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh kata-kata sambutan untuk membuka acara

Ilustrasi berpidato (pexels.com/fauxels)

Selamat pagi semuanya, sebelum memulai acara, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah diberikan berkat untuk dapat berkumpul dalam keadaan yang baik pada hari ini. Hadirin yang saya hormati, pentingnya menjaga kebersihan untuk diri sendiri dan orang lain dapat menjadi contoh yang baik untuk orang-orang terdekat.

Oleh karena itu, marilah menjaga bersih agar dapat menjadi contoh bagi orang-orang sekitar. Semakin banyak yang tersadar akan pentingnya menjaga lingkungan, efeknya akan semakin baik untuk bumi juga. Dengan ini, masyarakat diharapkan dapat menyelamatkan bumi dari sampah dan polusi yang menumpuk.

Hadirin yang berbahagia dan saya hormati, demikian sambutan singkat ini saya sampaikan. Semoga pidato singkat ini dapat mendorong saudara semua menjaga kebersihan dengan lebih baik lagi. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Baca Juga: 25 Kata-kata Ekspektasi Tak Seindah Realita, Bisa buat Caption!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya