TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inilah Perbedaan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia

Yakin, kamu udah tahu bedanya?

Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, pasti akan memilih-milih jurusan yang sesuai dengan minat. Mungkin dari sekian banyak jurusan, ada yang membuatmu bingung. Seperti jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia.

Mungkin tak sedikit dari kamu ada yang bertanya apa perbedaan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia? Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui jika Ingin Masuk Jurusan Sastra Indonesia

1. Apa itu jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia?

Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/@pixabay)

Kedua jurusan ini akan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah lulus, tentunya mereka akan siap masuk ke dalam dunia kerja sesuai dengan kemampuan yang dipelajari selama kuliah.

Secara umum, jurusan sastra akan banyak mempelajari mengenai bahasa dan budaya Indonesia secara komprehensif. Lulusan sastra akan bergelas S.S., sedangkan untuk Pendidikan Bahasa Indonesia, kamu akan dibentuk sebagai tenaga pendidik, baik untuk SD, SMP, maupun SMA dengan gelar S.Pd.

2. Perbedaan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia

Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pasti tak sedikit dari kamu ada yang bertanya, lalu apa sih perbedaan antara jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia? Dalam hal ini kamu bisa melihat dari pengertian masing-masing sekaligus seperti apa pembelajarannya. Berikut penjelasannya.

Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa Indonesia fokus pada bagaimana mahasiswa bisa mengajarkan berbagai keterampilan berbahasa dengan baik dan efektif. Jurusan ini mempelajari teori pendidikan dan keguruan. Materinya meliputi dasar-dasar pendidikan, psikologi pendidikan, hingga menjalani profesi guru.

Jurusan Sastra Indonesia

Jurusan sastra adalah bidang ilmu yang mempelajari seni bahasa secara mendalam. Kamu akan mempelajari komponen seni dari suatu bahasa. Mahasiswa jurusan ini mempelajari produk karya seni, seperti novel, cerpen, puisi, lagu, serta film. Selain itu juga mempelajari teori, cara analisis hingga sejarah karya sastra.

Baca Juga: Rayakan Apresiasi Bahasa dan Sastra, Badan Bahasa Gelar Malam Sastra  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya