TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pengalaman Berharga jika Berkuliah di Luar Negeri, Penasaran?

Tentu menjadi momen yang akan kamu syukuri dalam hidup

ilustrasi kuliah (pexels.com/@expressivestanley)

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mungkin menjadi harapan yang ingin dicapai semua orang. Namun, realitanya tak banyak orang yang dapat memperoleh kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya setinggi itu. Apalagi jika sampai memperoleh kesempatan untuk kuliah di luar negeri.

Semua kesempatan tersebut tentunya tidak boleh disia-siakan begitu saja, apalagi jika prospeknya baik. Bahkan, kamu akan memperoleh beberapa pengalaman berharga berikut ini jika melanjutkan perkuliahan di luar negeri.

1. Memahami budaya luar dengan baik

ilustrasi budaya (pexels.com/@aditya-agarwal)

Hal pertama yang dapat kamu maksimalkan adalah kesempatan untuk memahami budaya luar dengan baik. Kesempatan tersebut tentu tidak akan datang dua kali dan hal inilah yang dapat kamu manfaatkan. Cara ini seolah akan membuatmu melihat dunia dengan cara yang lebih luas.

Mengenal dan mempelajari budaya luar juga akan membuatmu memiliki wawasan yang luas. Tentunya hal ini membuat value dari dirimu pun semakin naik, sehingga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: 5 Alasan Konyol saat Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Begini!

2. Memiliki relasi yang lebih luas

ilustrasi teman-teman (pexels.com/@george-pak)

Melanjutkan perkuliahan di luar negeri sudah tentu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Hal ini secara otomatis akan membantumu meningkatkan kemampuan networking dengan baik dan maksimal.

Bukan hanya sebatas mengenai relasi, namun kecakapan berbahasa asing pun akan turut melejit saat bersama teman-teman baru. Kamu jadi dapat memperoleh banyak perspektif baru melalui sudut pandang yang berbeda.

3. Memperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik

ilustrasi pertemanan (pexels.com/@george-pak)

Semua orang tentu ingin menuntut ilmu di perguruan tinggi yang bagus dan berkualitas. Namun, tidak mudah dalam memperoleh kesempatan tersebut, sehingga jangan sampai menyia-nyiakannya begitu saja.

Berkuliah di luar negeri akan memberikanmu fasilitas berkuliah yang lebih baik. Bukan berarti di dalam negeri tidak baik kualitasnya, namun tentu kamu akan lebih banyak memperoleh pengalaman yang lebih banyak.

4. Kegiatan intra kampus yang sangat menarik

ilustrasi pertemanan (pexels.com/@george-pak)

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkuliah di luar negeri dan bukan hanya terbatas pada pembelajaran semata. Agenda lain seperti kegiatan intra kampus juga merupakan salah satu hal menyenangkan yang bisa kamu ikuti.

Kamu memiliki banyak opsi untuk mengikuti kegiatan intra kampus yang beragam dan dapat disesuaikan dengan minat tersendiri. Dengan kegiatan tersebut, maka akan ada banyak pengalaman yang secara otomatis kamu peroleh karena hal tersebut.

Baca Juga: 5 Tip Meningkatkan Skill Bahasa Inggris di Tengah Aktivitas Kuliah

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya