TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

26 November: Hari Tanpa Belanja Internasional 

Stop dulu belanjanya, yuk!

ilustrasi belanja (pexels.com/Tim Douglas)

Siapa, nih, yang hobi checkout-checkout barang dari e-commerce? Juga yang sering membeli barang-barang lucu dan gemes tetapi minim fungsinya? Untuk kamu yang doyan belanja, saatnya say no to belanja, nih, di tanggal 26 November!

Pasalnya Hari Tanpa Belanja jatuh pada tanggal 26 November. Hari Tanpa Belanja Internasional ini dilakukan untuk melawan budaya konsumerisme. Penasaran mengenai uniknya Hari Tanpa Belanja? Yuk, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kalap Belanja Saat Traveling, Wajib Dicatat!

1. 26 November sebagai Hari Tanpa Belanja

ilustasi belanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Melansir dari Daysoftheyear, Hari Tanpa Belanja ini merupakan hari yang cukup penting dan dirayakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Segera setelah dicetuskannya Hari Tanpa Belanja ini, kampanye refleksi tentang masifnya konsumerisme digaungkan.

Kampanye ini muncul di Amerika Serikat, Inggris, Israel, Austria, Jerman, Selandia Baru, Jepang, Belanda, Prancis, dan Norwegia. Pada saat ini, lebih dari 65 negara ikut berpartisipasi. 

2. Sejarah Hari Tanpa Belanja

ilustrasi shopping (pexels.com/Karolina Grabowska)

Melansir laman Britania, Hari Tanpa Belanja ini dicetuskan oleh seniman asal Kanada, Ted Dave, pada tahun 1992. Hari Tanpa Belanja biasanya diselenggarakan di Amerika Utara pada hari Jumat setelah Hari Thanksgiving di Amerika Serikat. 

Penentuan hari penting ini juga menjadi sangat simbolis karena Hari Tanpa Belanja ini dirayakan setelah Hari Thanksgiving dan Black Friday yang merupakan hari-hari sibuk orang-orang untuk melakukan belanja. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk merefleksikan diri untuk tidak terlalu berlebihan dalam belanja. 

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Belanja Perlengkapan Bayi, Agar Tidak Boros!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya