TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa itu Sejarah? Ini Pengertian dan Contohnya

Sejarah dapat diartikan sebagai suatu kisah di masa lalu

ilustrasi membaca sejarah (pexels.com/Kaboompics.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, sejarah menjadi salah satu dari mata pelajaran di sekolah. Biasanya, topik yang dibahas adalah perjuangan pahlawan dalam memerdekaan Indonesia, UUD 1945, hingga tragedi yang dialami oleh pejuang di masa dahulu. 

Karena itu lah banyak yang bertanya mengenai apa itu sejarah? Secara umum, sejarah adalah suatu peristiwa atau kejadian di masa lalu yang dipelajari dan diselidiki untuk dijadikan pedoman hidup di masa mendatang. Hal ini termasuk sejarah perjalanan hidup hingga yang berkaitan tentang orang banyak. 

Baca Juga: Sejarah Alat Musik Sasando, dari Jenis Sampai Cara Mainnya!

1. Pengertian sejarah

ilustrasi tempat bersejarah(pexels.com/pixabay)

Menurut Herodotus, ahli sejarah yang dikenal juga sebagai "The Father of History", sejarah adalah suatu peristiwa yang tidak berkembang ke arah depan dan memiliki tujuan yang jelas. Akan tetapi, sejarah bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi dan rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia itu sendiri. Sementara, ahli lain, Ibnu Kaldun menyebutkan bahwa sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau tentang peradaban dunia, yakni tentang perubahan- perubahan yang terjadi di masyarakat tersebut. 

Dari pendapat ahli yang telah disebutkan di atas, kita tau bahwa sejarah adalah hal- hal atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sejarah juga dapat dijadikan acuan atau pedoman hidup bagi seseorang. 

2. Aspek dari sejarah

ilustrasi peperangan(pexels.com/Somchai Kongkamsri)

Setelah memahami mengenai makna dari sejarah, berikut ini adalah aspek- aspek yang terdapat dalam sejarah, di antaranya:

1. Masa lalu

Pada hakikatnya, tidak semua peristiwa di masa lalu dapat dijadikan sebagai sebuah sejarah. Biasanya, peristiwa yang dianggap sebagai sebuah sejarah adalah hal- hal yang berkaitan dengan suatu perkembangan bangsa, negara, peradaban, atau kehidupan dunia. 

2. Masa Kini

Segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, dapat dijadikan pedoman untuk masa kini. Nah, dari kebijakan yang dilakukan di masa kini, akan menentukan masa depan kehidupan. Jadi, tinggalkanlah hal- hal baik di masa kini ya.

3. Masa depan

Dengan adanya peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau, manusia akan lebih mudah merancang atau memprediksi masa depan. Hal ini juga berkaitan bagaimana manusia mempersiapkan solusi untuk setiap masalah yang terjadi di masa depan.

Baca Juga: 12 November Hari Ayah Nasional: Sejarah dan Ucapannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya