TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Manfaat Dasar Negara Bagi Indonesia dan Penjelasannya

Sudah tahu?

ilustrasi Garuda Pancasila (IDN Times/Abraham Herdyanto)

Dasar negara adalah suatu hal yang penting yang harus dimiliki sebuah negara. Dasar negara menjadi landasan atau pedoman untuk mencapai tujuan yang dimiliki negara tersebut. 

Dalam kehidupan berbangsa, bukan hanya pemerintah saja yang harus mengikuti dasar negara sebagai pedoman, namun masyarakatnya pun harus turut berpartisipasi. Lalu, sudah tahukah kamu apa manfaat dari dasar negara? Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat dasar negara bagi Indonesia. 

1. Pengertian dasar negara

ilustrasi ketuk palu (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Dasar negara merupakan pedoman dasar yang mengatur dan memelihara kehidupan manusia dalam berbangsa. Adanya dasar negara akan membantu kehidupan berbangsa jadi lebih mudah, misalnya terarah dalam menggapai tujuan. 

Jika suatu negara tidak memiliki dasar negara, itu artinya negara tersebut dapat dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Oleh karena itu, dasar negara juga memiliki peran penting dalam kehidupan ketatanegaraan. 

Baca Juga: Negara Agraris: Pengertian, Sektor, dan Negara-negaranya

2. Dasar negara Indonesia

ilustrasi bekerja di bidang hukum (pexels.com/Sora Shimazaki)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dasar negara sangat penting untuk kehidupan ketatanegaraan. Indonesia sebagai negara hukum pun memiliki dasar negara yang berfungsi sebagai pedoman kehidupan. Yap! Pancasila adalah dasar negara yang dimiliki oleh Indonesia dan sudah ada setelah Indonesia merdeka. 

Lima butir yang terdapat dalam Pancasila merupakan pedoman bagi masyarakat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Misalnya, sila ke-1 yang berbunyi "Ketuhanan yang Maha Esa," memiliki arti sebagai Tuhan sebagai sang Pencipta dan pemilik alam semesta. Nilai ketuhanan dalam Pancasila menunjukkan bahwa eksistensi bangsa, manusia, dan negara berelasi pada Tuhan yang diyakini sebagai sumber segala kebaikan. 

Baca Juga: [QUIZ] Dari Jenis Paspor Ini, Kami Tahu Negara Impianmu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya