TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

100 Contoh Kata Sinonim Bahasa Inggris dan Artinya

Persamaan kata dalam bahasa Inggris

ilustrasi bahasa Inggris (unsplash.com/Mick Haupt)

Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, penguasaan sinonim juga terdapat dalam bahasa Inggris. Dengan memanfaatkan sinonim, kamu bisa menghasilkan sebuah kalimat yang lebih beragam dan lebih unik sehingga menarik untuk disimak.

Mari kita kenali sinonim dalam bahasa Inggris dan lihat beragam kosakata yang dapat digunakan. Lebih lanjut, berikut IDN Times sajikan kumpulan contoh kata sinonim bahasa Inggris. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Pengertian sinonim

ilustrasi bahasa Inggris (unsplash.com/Joshua Hoehne)

Sinonim adalah beberapa bentuk kata, frasa, atau ekspresi berbeda dalam satu bahasa, tapi memiliki makna yang persis atau hampir sama. Dengan kata lain, sinonim merujuk pada kata-kata yang bisa digunakan sebagai pengganti dalam suatu kalimat atau teks tanpa mengubah makna keseluruhan kalimat tersebut.

Persamaan kata ini bermanfaat untuk memvariasikan kosakata sehingga tulisan menjadi lebih segar atau tidak monoton.

2. Ciri-ciri sinonim

ilustrasi belajar (pexels.com/Katerina Holmes)

Sinonim mempunyai sejumlah ciri-ciri yang bisa menunjang untuk memastikan kesamaan antara satu istilah dengan istilah yang lain. Kaitan antara kata yang serupa artinya dengan kata lain yang menyerupainya dikenal dengan kesinoniman.

Dengan demikian, sebuah kata atau istilah bisa diketahui memiliki sinonim jika kata ini bisa menggantikan kata yang lain atau kebalikannya dalam suatu kalimat. Berikut contohnya:

  • Jawaban kakak saya salah.
  • Jawaban kakak saya keliru.

Dua kalimat di atas menyatakan kata salah dan kata keliru dapat sama-sama menggantikan satu sama lain. Kedua kata ini bisa sama-sama menggantikan dengan tidak memodifikasi arti kalimat itu. Sinonim tidak cuma terjalin antara satu kata dengan satu kata yang lain, namun terjalin antara satu kata dengan sejumlah kata.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya