TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan Skripsi

Lelah boleh, tapi jangan menyerah!

Ilustrasi penelitian (pexels.com/andrea piacquadio)

Bagi mahasiswa semester akhir, skripsi merupakan salah satu ujian yang mereka rasakan. Mereka harus melakukan riset, konsultasi pembimbing, dan berbagai macam kegiatan lain yang menunjang skripsinya. Jika dilihat secara sekilas, hal itu memang sungguh merepotkan dan cukup berat untuk dilakukan.

Biasanya banyak mahasiswa semester akhir yang lebih memilih untuk menunda mengerjakan skripsi karena kesulitannya. Apakah kamu termasuk mahasiswa seperti itu? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar semangat mengerjakan skripsi tetap membara. Penasaran? Simak pembahasan ini, ya!

1. Rencanakan self-reward setiap kali kamu berhasil menyelesaikan satu bagian

Ilustrasi makan (pexels.com/sam lion)

Dalam skripsi, pasti ada beberapa bagian-bagian yang harus diselesaikan secara runtut. Kamu bisa banget menempatkan self-reward di salah satu bagian jika telah berhasil menyelesaikannya. Self-reward itu dapat berupa barang-barang kesukaan ataupun short-trip ke tempat impian. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan terdorong untuk lebih semangat dalam mengerjakan skripsi.

2. Jangan ragu untuk beristirahat jika tubuhmu merasa lelah

Ilustrasi beristirahat (pexels.com/andrea piacquadio)

Setiap orang pasti memiliki batasan energi di dalam tubuhnya. Ketika kamu merasa lelah, cobalah untuk beristirahat sejenak karena tubuhmu itu perlu istirahat. Jangan sampai kamu malah memaksakan diri karena hal tersebut pasti hanya akan menghilangkan semangat juangmu.

Namun jangan sampai kamu malah istitahat dengan waktu yang lama karena hal tersebut hanya menghambat skripsimu. Kasihlah batasan waktumu untuk beristirahat agar kamu bisa tetap fresh meskipun harus memikul beban berat.

Baca Juga: 5 Rahasia Skripsi Antidrama Agar Lulus Tepat Waktu, Gak Molor! 

3. Kerjakan skripsi di tempat-tempat cozy

Ilustrasi mengerjakan skripsi di kafe (pexels.com/andrea piacquadio)

Jika biasanya kamu mengerjakan skripsi di kamar kos, cobalah untuk mencari suasana baru. Kamu sesekali bisa pergi ke tempat-tempat yang nyaman untuk meredakan stres saat mengerjakan skripsi. Kamu bisa pergi ke kafe ataupun tempat-tempat yang dapat menyegarkan mata.

Lakukanlah hal tersebut secara sendirian agar kamu tidak diganggu teman yang mengajak untuk mengobrol. Namun jangan lakukan hal tersebut terlalu sering sebab hanya akan membuat dompetmu berlubang.

4. Berkumpul dengan orang-orang yang sama-sama mengerjakan skripsi

Ilustrasi diskusi (pexels.com/william fortunato)

Jika semangatmu untuk mengerjakan skripsi hilang, cobalah berkumpul dengan orang-orang yang melakukan hal serupa. Kamu bisa berkumpul dengan teman-teman seperjuangan yang mengerjakan skripsi. Mereka pasti akan memberi semangat jika kamu merasa lelah dengan semuanya. Hal itu karena mereka juga merasakan apa yang kamu rasakan.

Baca Juga: 9 Judul Skripsi Kocak yang Bisa Jadi Inspirasimu

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya