TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Ancaman di Bidang Politik dan Dampak Negatifnya, Waspada!

Mengancam keamanan negara

Ilustrasi negara-negara (unsplash.com/Greg Rosenke)

Pernah merasa khawatir tentang stabilitas politik di Indonesia? Ancaman di bidang politik makin meningkat dan sangat memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Politik adalah aktivitas yang sangat kompleks dan tidak bisa dipisahkan dari lembaga negara, konstitusi, ekonomi, sosial, budaya, dan agama. Bagaimana pun, segala aspek ini berpotensi menimbulkan konflik yang bisa mengancam stabilitas dan keamanan negara.

Berikut IDN Times rangkum tiga jenis ancaman di bidang politik dan potensi dampak negatifnya bagi masyarakat Indonesia. Simak ringkasan penjelasannya berikut ini, ya!

1. Ancaman konflik politik

ilustrasi konflik (unsplash.com/@mylimbsarelong)

Ancaman di bidang politik yang pertama berkaitan dengan konflik. Konflik politik adalah bentuk konflik yang sering terjadi di dalam pemerintahan, organisasi, atau masyarakat yang melibatkan perselisihan kepentingan, nilai, atau tujuan.

Konflik politik bisa mengakibatkan ketidakstabilan politik, ketidakpastian ekonomi, kerugian finansial, hingga memicu kekerasan dan bencana sosial. Konflik politik juga berkontribusi pada maraknya korupsi, nepotisme, kriminalitas, dan penggunaan kekuasaan secara tidak etis.

Baca Juga: 5 Istilah Terkait Radikalisme Ini Perlu Diketahui, Jangan Offside!

2. Ancaman radikalisme politik

ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Radikalisme menjadi salah satu isu yang selalu hangat dalam konteks Indonesia. Radikalisme politik adalah sikap atau tindakan ekstrem dalam politik yang bertujuan untuk memperjuangkan ideologi atau nilai tertentu secara keras dan tanpa kompromi.

Radikalisme politik bisa memicu berbagai kondisi, seperti terorisme, separatisme, fanatisme agama, diskriminasi rasial, dan ancaman kebebasan individu. Radikalisme politik juga bisa dianggap sebagai bentuk ekstremisme yang mengancam keamanan nasional dan perdamaian global.

Baca Juga: 5 Prediksi tentang Tren Keamanan Siber 2023, Diimbau Lebih Waspada

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya