TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Arti Salat? Ini Rukun, Makna, dan Keutamaannya

Lakukan sesuai ajaran Islam

Ilustrasi salat. (Pexels.com/Thirdman)

Salat merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Sebagai salah satu dari rukun Islam, salat harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Bagi umat Islam, ibadah salat adalah cara untuk menghormati dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu, salat juga dapat membawa manfaat kesehatan dan spiritual bagi orang yang melakukannya.

Namun, untuk mengetahui arti salat secara istilah, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Mulai dari rukun, makna, dan keutamaan salat. Ketahui selengkapnya di bawah ini, ya.

1. Rukun salat

ilustrasi sujud (pexels.com/ Alena Darmel)

Rukun salat adalah komponen utama dalam ibadah salat. Rukun salat memiliki arti dan makna mendalam dan perlu dipahami oleh setiap orang yang ingin melaksanakan salat dengan sempurna.

Beberapa contoh rukun salat adalah rukun berdiri (qiyam), takbir, membaca surat Al-Fatihah, rukuk, i'tidal (posisi berdiri tegak), sujud, rukun duduk di antara dua sujud (istirahat), dan salam. 

Kedelapan hal tersebut adalah bagian penting yang harus dilakukan pada saat melaksanakan salat. Setiap rakaat salat harus diikuti dengan gerakan-gerakan tersebut secara teliti agar salat dianggap sah.

Baca Juga: Pengertian dan Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi dalam Salat

2. Makna salat

ilustrasi rukuk saat sholat tahajud (pexels.com/Michael Burrows)

Salat memiliki makna yang sangat dalam bagi agama islam. Selain sebagai ibadah wajib, salat juga disebut sebagai tiang agama karena dapat memperkuat hubungan antara Allah SWT dan manusia.

Setiap gerakan pada salat memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya gerakan rukuk memiliki tujuan memperkuat fisik dan spiritual, sujud memiliki tujuan untuk mengakui ketundukan pada Allah.

Lalu, istirahat di antara dua sujud memiliki tujuan untuk merefleksikan kehidupan keseharian. Sementara itu, salam memiliki tujuan untuk mengakhiri salat dengan perasaan tenang dan tenteram.

Baca Juga: 3 Doa yang Bisa Umat Muslim Baca di Sujud Terakhir dalam Salat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya