TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bagian-Bagian Surat yang Penting, Jangan Sampai Terlewat!

Siapa nih yang masih asal nulis?

ilustrasi menulis surat (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebelum menulis surat, ada baiknya kamu mengetahui bagian-bagian surat yang penting dan tak boleh terlewatkan. Pasalnya, bagian-bagian tersebut membuat suratmu lebih rapi dan jelas.

Kamu pun juga akan lebih mudah saat menyusun atau menulis surat. Daripada makin pusing, langsung saja simak bagian-bagian surat yang penting secara lengkap di bawah ini!

1. Bagian awal surat

ilustrasi menulis surat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagian awal surat merupakan bagian-bagian surat yang penting yang harus kamu buat. Pasalnya, bagian awal surat ini berfungsi sebagai pembuka surat.

Adapun bagian ini terdiri dari alamat pengirim dan penerima surat, tanggal penulisan surat, serta salam pembuka yang dapat disesuaikan dengan siapa surat tersebut ditujukan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan judul surat jika diperlukan.

 

2. Isi surat

ilustrasi cara menulis surat dinas (pexels.com/@rodnae-prod)

Setelah menulis bagian awal surat, kamu harus menceritakan mengenai isi surat. Bagikan informasi yang jelas dan padat tentang tujuan penulisan surat.

Jangan lupa untuk menambahkan pemikiran, pendapat, dan alasan yang bisa memperkuat isi surat tersebut. Pastikan isi surat kamu mudah dipahami oleh siapa saja yang membaca.

Baca Juga: Arti Penting Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya