TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Fatal yang Mungkin Bakal Terjadi Ketika Kamu Salah Jurusan

#Eduniverse Pikir matang-matang sebelum memilih jurusan

Unsplash.com/AzizAcharki

Saat dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru adalah momen berkesan dalam hidup kita. Terbayang, betapa kerennya kita memasuki komplek kampus tanpa harus menggunakan seragam seperti di sekolah menengah. 

Meskipun demikian, jangan sampai kamu salah dalam memilih jurusan. Sebab, kamu akan menghabiskan waktu bersama perkuliahan minimal 4 tahun. Masa yang cukup lama jika kamu tidak bersungguh-sungguh belajar. 

Nah, apa saja dampak yang kamu rasakan jika salah dalam memilih jurusan? Yuk, simak!

1. Sulit berprestasi

Unsplash.com/AndrewNeel

Sebagian besar mahasiswa yang salah jurusan sulit berprestasi di bidang yang menjadi jurusan kuliahnya. Kalaupun dia berprestasi, kebanyakan memiliki pencapaian di bidang yang lain. Seseorang bisa berprestasi jika ia menikmati dan menekuni aktivitasnya dengan senang hati. Salah jurusan membuat mahasiswa kurang meminati perkuliahannya yang menyebabkan dia tidak bisa menonjol.

2. Merasa jenuh

Unsplash.com/TomMorel

Rasa jenuh bisa menghinggapi para mahasiswa yang salah jurusan. Hal itu disebabkan jurusan yang dimasukinya tidak sesuai dengan keinginan atau kemampuan dirinya. 

3. Sulit menyelesaikan kuliah hingga tuntas

Unsplash.com/NicoleMason

Setelah rasa jenuh yang mendera bertahun-tahun, akan muncul keinginan untuk mengabaikan perkuliahan. Akan hilang semangat untuk menyelesaikan studi sampai akhir. 

4. Tidak percaya diri dan malas kuliah

Unsplash.com/ImaniClovis

Salah jurusan juga bisa mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Saat ia merasakan peluangnya tertutup untuk berprestasi dan berkembang, rasa percaya dirinya bisa menurun. Tentunya, ini berefek buruk bagi mentalnya. Akibatnya, ia tidak mau berhadapan dengan kenyataan, menghindari perkuliahan, bolos masuk kelas dan menjauh dari teman-teman sekelas. 

Verified Writer

Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya