TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Virtual Space untuk Meningkatkan Fokus Belajar 

Ciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien

Ilustrasi belajar (https://pixabay.com/users/janeb13-725943)

Kemunculan belajar metode daring (dalam jaringan) memberikan beberapa kesan tersendiri bagi banyak orang. Ada yang memang menyukai belajar dengan metode ini, karena dinilai lebih praktis sebab bisa dikerjakan di mana saja dan tidak perlu persiapan khusus. Namun, ada juga sebagian orang yang menilai metode ini kurang efektif, karena hanya bisa fokus jika belajar dilakukan dengan metode tatap muka.

Keadaan yang tak menentu, membuat sebagian pembelajaran harus dilakukan secara virtual. Jika kamu tertarik mencari suasana belajar atau ingin meningkatkan fokus belajar ketika berada di rumah, cobalah belajar dengan virtual space. Virtual space merupakan teknologi yang menampilkan berbagai suasana lingkungan di layar monitor seperti nyata. Website tersebut menyuguhkan tayangan- tayangan virtual seperti cafe, pantai, gunung, dan selebriti. Adanya hal tersebut menjadi salah satu cara untuk meningkatkan fokus, menghindari kejenuhan, dan meningkatkan kualitas dalam belajar. Berikut beberapa rekomendasi virtual space yang bisa kamu coba untuk menciptakan belajar yang efektif:

Baca Juga: Selaras Art Space, Ruang Seni Virtual yang Gandeng Seniman Muda

1. Lifeat.io 

Ilustrasi orang menulis (https://pixabay.com/users/stocksnap-894430)

Lifeat.io adalah sebuah situs website yang menyajikan berbagai suasana belajar. Kamu bisa memilih suasana seperti di cafe, pantai, gunung, bersama hewan peliharaan, atau belajar bersama selebriti yang kamu kagumi.

Keunggulan yang dimiliki website tersebut adalah kamu bisa mengatur sendiri waktu belajar yang diinginkan, mengatur jeda belajar, dan mengatur volume suara agar membantumu berkonsentrasi. Adanya berbagai pilihan pemandangan yang bisa dipilih, pastinya bisa membantumu meningkatkan fokus ketika belajar.

Baca Juga: 13 Coworking Space di Jogja, Nyaman dan Bikin Semangat Kerja

2. I Miss My Cafe

Ilustrasi belajar kelompok (https://pixabay.com/users/sasint-3639875)

Apabila kamu menyukai belajar dengan suasana di cafe, kamu bisa melakukan hal ini di rumah tanpa perlu repot pergi ke tempat yang kamu inginkan. Website I Miss My Cafe menyediakan berbagai pemandangan cafe, ditambah kamu juga bisa melakukannya sembari mendengarkan musik dan memilih berbagai efek suara pendukung.

Fitur menarik yang disediakan website ini adalah berbagai suara seperti barista yang sedang berbicara dengan pelanggan, suara mesin kopi, dan suara gelas berdenting. Kamu bisa menciptakan suasana cafe yang sesuai dengan keinginanmu.

3. I Miss My Library 

Ilustrasi mengerjakan tugas (https://pixabay.com/users/pexels-2286921)

Apabila kamu gemar belajar dengan suasana di perpustakaan, website ini cocok untuk kamu. Suasana perpustakan dapat membantu seseorang lebih fokus dan semangat untuk belajar. I Miss My Library merupakanwebsite yang menyediakan berbagai efek suara seperti berada di perpustakaan. Ini berguna bagi kamu yang ingin belajar, membaca, atau bersantai.

4. Studywithme.io 

Ilustrasi mencatat (https://pixabay.com/users/mariofcomeh61-17077957)

Studywithme.io menyediakan virtual background, pengatur waktu belajar, dan akses Spotify yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menyesuaikan beberapa fitur tersebut sesuai dengan keinginanmu. Melalui website ini, kamu bisa menikmati belajar yang menenangkan dengan suara atau musik latar yang berbeda.

Baca Juga: 5 Co-Working Space Paling Cozy di Bandung, Betah Nugas Seharian!

Writer

Viona Maydiputri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya