TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Strategi Aktif di Kelas Tanpa Kelihatan Caper 

Kamu tetap bisa kelihatan aktif tanpa dibenci teman sekelas

ilustrasi mengangkat tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam dunia pendidikan, menjadi mahasiswa yang aktif di kelas merupakan aspek penting dalam mencapai keberhasilan akademis. Namun, keaktifan ini perlu diwujudkan dengan bijak agar tidak terkesan mencari perhatian berlebihan.

Dalam artikel ini terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan untuk tetap aktif tanpa menonjolkan diri secara berlebihan di hadapan teman sekelas dan pengajar. Dari fokus pada pelajaran hingga bekerjasama dengan teman. Strategi ini memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam pelajaran tanpa menarik perhatian dengan cara yang tidak diinginkan. Yuk, disimak!

1. Fokus pada pelajaran

ilustrasi ruang perkuliahan (pexels.com/Yan Krukau)

Berikan perhatian penuh pada materi yang diajarkan. Dengarkan dengan saksama saat guru atau dosen menjelaskan, dan jika ada kesempatan untuk berpartisipasi, lakukan dengan tenang dan tegas. Ajukan pertanyaan yang mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang topik, hal ini akan menunjukkan keaktifanmu tanpa terkesan mencari perhatian secara berlebihan.

Selain itu, manfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum kelas. Jika kamu sudah memiliki pemahaman dasar tentang materi yang akan diajarkan, kamu akan lebih percaya diri dan dapat lebih mudah terlibat dalam diskusi.

2. Partisipasi yang tepat

ilustrasi mengangkat tangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Sertakan diri dalam diskusi kelas dengan memberikan tanggapan yang relevan. Hindari berbicara terlalu banyak atau terlalu sedikit. Berikan kontribusi yang mencerahkan, seperti menyampaikan sudut pandang yang belum dibahas atau memberikan contoh yang mendukung pembelajaran.

Jangan ragu untuk mendukung pandangan teman sekelas yang menurutmu bagus dan berikan apresiasi pada kontribusi mereka. Ini tidak hanya menciptakan suasana kelas yang positif, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu aktif terlibat dalam pembelajaran.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu adalah Orang yang Terbuka terhadap Pembelajaran

3. Tata krama yang profesional

ilustrasi belajar bersama (pexels.com/MART PRODUCTION)

Perlihatkan sikap yang profesional di kelas tanpa harus terlihat mencolok. Berpakaian rapi sesuai dengan norma tata krama kampus, dan hindari sikap yang terlalu santai atau terlalu formal. Bersikap ramah dan sopan kepada teman sekelas dan pengajar dapat menciptakan lingkungan yang positif tanpa terlihat mencari perhatian secara berlebihan.

Selain itu, perhatikan etika digital saat berkomunikasi dalam platform daring. Mengirimkan email atau berpartisipasi dalam diskusi daring dengan tata bahasa yang baik dan penuh hormat dapat meningkatkan citra kamu sebagai mahasiswa yang berdedikasi tanpa terlihat mencari perhatian.

4. Menggunakan waktu istirahat dengan baik

ilustrasi belajar bersama (pexels.com/Charlotte May)

Gunakan waktu istirahat pergantian kelas dengan bijak. Jika memungkinkan, ajak teman sekelas untuk berbicara tentang materi pembelajaran atau tugas tanpa harus terlihat terlalu menonjol. Ini menciptakan kesan bahwa kamu aktif dan terlibat tanpa mencari perhatian secara langsung.

Selain itu, gunakan waktu istirahat untuk me-refresh diri. Dengan menjaga keseimbangan antara fokus pada pembelajaran dan memberi diri waktu untuk istirahat kamu dapat menunjukkan keaktifan tanpa terkesan mencari perhatian berlebihan.

Verified Writer

Yoga Hendriyansah

Just be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya