TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sebutan 11 Negara di Asia Tenggara dalam Bahasa Thailand, Mudah Lho!

Apa ya sebutan untuk Indonesia?

instagram.com/cambodia

Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan di bagian tenggara benua Asia. Setidaknya ada 11 negara yang mendiami kawasan ini dan memiliki ciri khas masing-masing untuk dikenali masyarakat luas. Hari kemerdekaan pun berbeda-beda, kecuali Thailand yang disebut sebagai negara tanpa jajahan.

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap negara memiliki budaya dan bahasa masing-masing. Lantas, apa saja sih sebutan 11 negara di Asia Tenggara ini dalam bahasa Thailand? Simak ulasan berikut, yuk!

1. Terkenal dengan bangunan masjid yang megah, dalam bahasa Thailand, Brunei Darussalam adalah บรูไนดารุสซาลาม (bruu-nai daa-rut-saa-laam)

instagram.com/brunei.tourism

2. Dijuluki Negara Lumbung Padi dan menggunakan bahasa Tagalog sebagai bahasa resmi, ฟิลิปปินส์ (fi-lip-pin) adalah bahasa Thailand untuk Filipina

instagram.com/the_philippines

3. Nah, untuk menyebut pemilik Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia ini hampir sama, yaitu อินโดนีเซีย (in-doo-nii-siia). Mudah, bukan?

instagram.com/indtravel

4. Selanjutnya, ada negara dengan julukan Angkor Wat. Dalam bahasa Thailand, กัมพูชา (gam-phuu-chaa) ialah sebutan untuk Kamboja

instagram.com/beautifulcambodia

5. Bahasa Laos digunakan di Thailand bagian timur laut atau biasa disebut "Isan", lho. Sedangkan untuk menyebut negara dengan julukan Tanah Terkunci ini adalah ลาว (laao)

instagram.com/laostourism

Baca Juga: 9 Ide OOTD Kekininan ala Aktor Thailand, Phiravich Attachitsataporn

6. Pemilik Menara Kembar Petronas dan wisata alam ikonik Batu Caves adalah มาเลเซีย (maa-lee-siia). Bisa tebak negara mana?

instagram.com/1malaysia_official

7. Ada dua cara menyebut negara yang dijuluki Negeri Pagoda Emas hingga Negeri Seribu Pagoda, yaitu พม่า (pha-maa) dari kata Burma dan เมียนมาร์ (miian-maa) dari kata Myanmar

instagram.com/instamyanmar

8. Untuk menyebut Negeri Singa, yaitu สิงคโปร์ (sing-kha-poo) dalam bahasa Thailand. Mudah dihafal, ya!

instagram.com/singaporeworld

9. Negara Thailand adalah ประเทศไทย (pra-theet thai), sedangkan ภาษาไทย (phaa-saa thai) digunakan untuk menyebut bahasa Thailand

instagram.com/thailand

10. Telah melepaskan diri dan merdeka dari Indonesia, negara satu ini terkenal dengan Patung Kristus Raja tertinggi kedua di dunia. Siapa lagi jika bukan ติมอร์เลสเต (ti-moo leet-tee)

instagram.com/timorleste_

Baca Juga: Disebut Raja Terkaya Sedunia, dari Mana Sumber Kekayaan Raja Thailand?

Verified Writer

Yeoli Choco

No need to rush, just enjoy the process, and never give up!✌🏻

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya