TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Hajima dan Contoh Penggunaannya

Kata permohonan dalam bahasa Korea

Ilustrasi Hajima (Tripzila.com/MBC Drama)

Ungkapan hajima sering kita dengar di dalam drama Korea, film, bahkan lirik lagu. Kata ini digunakan untuk memohon saat sedang dicampakkan oleh orang lain.

Kata hajima diucapkan dengan ekspresi yang terkejut, memohon, atau muka yang hampir menangis. Ungkapan ini masuk ke dalam bahasa informal, jadi kamu bisa mengucapkannya kepada orang-orang terdekat.

Tak hanya hajima, kata ini juga memiliki variasi lainnya, lho. Untuk kamu yang ingin menambah pengetahuanmu dalam bahasa Korea, simak arti hajima dan cara penggunaannya berikut ini.

Baca Juga: Arti Yeppeo dan Contoh Penggunaannya

1. Arti Hajima

Ilustrasi hajima (sbs.com/Goblin)

하지마 (hajima) merupakan kata yang memiliki arti "jangan", "jangan lakukan itu" atau "saya tidak ingin lakukan itu. Kata ini gabungan dari 하 (ha)-> 하다 (hada), artinya “melakukan (to do)” dan 지마 (jima) -> bagian dari bentuk konjugasi negatif.

Kata ini masuk ke dalam bentuk informal atau 반말 (banmal). Kamu bisa mengatakan kata hajima kepada teman atau orang yang sudah dekat. Kata ini biasa diucapkan saat kamu mendesak seseorang untuk berhenti, memohon, atau terkejut.

2. Variasi lain dari Hajima

Ilustrasi Hajima (Korean Language Guide/Goblin)

Selain hajima, ada kata lainnya yang merupakan variasi lainnya dari kata ini, yakni kajimaKata ini memiliki makna yang sama, yakni "jangan" atau "jangan lakukan itu". Ungkapan ini sering muncul di adegan-adegan krusial dalam drama Korea.

Kajima! (가지마!)

Artinya: Jangan pergi!

Contoh lainnya:

Kamu: 집에 가. (Jib-e ka.) “Saya akan pulang."

Dia: 집에 가지마! (Jib-e kajima!) “Jangan pulang!”

Baca Juga: Arti Kiyowo dan Contoh Penggunaannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya