Comscore Tracker

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Bisa Memajukan Indonesia!

Jangan dianggap sepele

Perkuliahan adalah jenjang pendidikan yang mengharuskan mahasiswanya untuk memilih jurusan yang tepat. Ada banyak jurusan yang ditawarkan, masing-masing Perguruan tinggi tentunya punya berbagai opsi tersendiri. 

Jurusan perkuliahan yang cukup variatif, tak jarang membuat beberapa menjadi dominasi, namun ada juga yang paling minim diminati. Nah, berikut adalah lima jurusan perkuliahan yang lulusannya bisa memajukan Indonesia tapi jarang dilirik. 

Kalau kamu merasa tertantang dan ingin mencobanya, artikel ini sangat cocok untukmu. Jangan lupa untuk membagikannya ke teman kamu, ya. Keep scrolling!

1. Jurusan filsafat

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Bisa Memajukan Indonesia!ilustrasi konsultasi (pexels.com/Anna Shvets)

Jurusan yang pertama adalah Filsafat. Jurusan yang satu ini masih memiliki sedikit peminat dibandingkan dengan jurusan kuliah lainnya. Padahal, lulusan jurusan Filsafat mempunyai potensi besar untuk menjadi sukses di masa yang akan datang, loh!

Jurusan Filsafat bisa membawa kamu menjadi penasihat untuk suatu penelitian atau penasihat yang dapat berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan negara. Seru banget dan sangat dibutuhkan, ternyata!

2. Jurusan teknik perkapalan

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Bisa Memajukan Indonesia!ilustrasi menaiki kapal (unsplash.com/Salmen Bejaoui)

Berikutnya adalah jurusan teknik Perkapalan. Pada jurusan ini, Kamu akan belajar tentang perancangan sampai pembuatan kapal. Kamu harus belajar dimulai dari desain, pemilihan bahan, dan produksi perawatan.

Selain itu, kamu akan belajar cara mengoperasikan kapal, cara pengembangan sistem transportasi dan pengoperasian bisnis kapal. Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan, tentu tenaga ahli di bidang perkapalan sangat dibutuhkan. Kalau kamu menyukai hal-hal ini, tidak ada salahnya kamu mencoba.

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lho

3. Jurusan Pertanian

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Bisa Memajukan Indonesia!ilustrasi perempuan berkebun (unsplash.com/Raychan)

Sebagai negara agraris, lulusan jurusan Pertanian tentu punya prospek karier yang menjanjikan, loh! Lulusan dari jurusan ini, diharapkan mampu mensejahterakan petani dan memajukan sektor pertanian Indonesia.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu coba, apabila ingin menawarkan banyak solusi untuk masalah pangan di Indonesia. Seru banget kan, apalagi kalau kamu serius dan menekuninya. Belajar seputar pertanian, sekaligus menjadi petani sungguhan cukup seru, kok!

4. Jurusan pendidikan olahraga

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Bisa Memajukan Indonesia!ilustrasi berlari di pagi hari (pexels.com/Julia Larson)

Berikutnya adalah jurusan pendidikan Olahraga. Jurusan ini Penting banget loh, buat memajukan atlet di Indonesia. Apalagi dengan adanya kompetisi yang sering diadakan antar negara. 

Mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga, akan mempelajari berbagai aturan dalam olahraga. Mulai dari kesehatan mental dan fisik, peningkatan fungsi fisik, olahraga dan nutrisi. Sampai pada metode pelatihan untuk kompetisi, taktik dan strategi, juga metode pengajaran.

5. Jurusan arkeologi

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Bisa Memajukan Indonesia!ilustrasi guru tersenyum (pexels.com/ Ron Lach)

Jurusan terakhir yang ada di artikel ini adalah arkeologi. Mahasiswa jurusan Arkeologi akan mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau, mengkaji peninggalan purbakala, sampai mempelajari artefak. 

Jurusan ini masih jarang diminati, loh. Alasannya adalah, umumnya lulusannya akan terjun ke tempat terpencil untuk menyelidiki sejarah selama bertahun-tahun. Meskipun begitu, pekerjaannya sangat berperan penting dalam menyumbang langsung kepada penambahan sejarah dan budaya untuk negara.

Nah, itulah kelima jurusan perkuliahan yang lulusannya bisa memajukan Indonesia. Meskipun jarang dilirik, bukan berarti tidak ada yang berminat, ya. Kira-kira kamu mau mencoba dan tertantang di jurusan yang mana, nih?

Baca Juga: Aneh! 5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat, tapi Berpeluang Besar Jadi PNS

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya