Comscore Tracker

5 Guru Terbaik di Anime Naruto yang Bisa Jadi Panutan

#EdFunFact: Dari merekalah lahir shinobi yang hebat

Guru merupakan sosok pendidik yang mendidik siswanya agar mampu menjadi orang yang hebat dalam bidangnya. Tentunya guru harus mempunyai kemampuan, kesabaran, rasa optimis, dan kasih sayang yang tinggi dalam mendidik muridnya. Di anime Naruto, kita tentu akan menjumpai sosok guru yang melatih dan murid-muridnya dengan karakter yang berbeda sehingga menjadi shinobi yang hebat dan bahkan menjadi pimpinan desa.

Dari sekian banyak guru di anime Naruto berikut adalah 5 sosok guru terbaik yang menciptakan shinobi hebat dan berpengaruh yang menjadi inspirasi para guru di sekolah.

1. Iruka

5 Guru Terbaik di Anime Naruto yang Bisa Jadi Panutanfanpop.com

Iruka merupakan shinobi Desa Konoha yang kemampuanya dalam hal jutsu mungkin paling rendah diantara yang lain sehingga dirinya hanya menjadi guru di akademi ninja ( jika di sekolah formal setara TK atau SD). Namun Iruka terampil dalam menguasai jutsu dasar atau istilahnya materi tingkat TK atau SD. Bergelut sebagai guru di jenjang paling dasar tentu Iruka berhadapan dengan murid anak-anak dengan karakter berbeda bahkan ada yang super nakal seperti Naruto, Shikamaru, Chouji, dan Kiba dengan gengnya.

Berkali-kali Iruka dibuat repot dan jengkel dengan tingkah laku geng tersebut terutama Naruto. Ia berkali-kali harus keluar kelas karena harus menghentikan Naruto membuat masalah besar seperti mengecat patung hokage. Namun, Iruka tidak pernah merasa putus asa atau berhenti menjadi guru akibat ulah nakal muridnya. Ia terus mendidik dan mengajar muridnya dengan penuh kasih sayang sampai lulus dan menjadi genin.

Khusus Naruto sendiri menganggap Iruka tidak hanya sebagai guru tetapi juga orangtua. Iruka sering mentraktir Naruto makan dan selalu mengawasinya dengan penuh rasa sayang layaknya orangtua dengan anak. Sampai era Boruto, Iruka tetap di akademi sebagai kepala sekolah. Hal yang terpenting adalah tidak peduli selemah apapun Iruka dalam hal jutsu, rasa serius dan kasih sayangnya terhadap muridnya terutama Naruto membuatnya menjadi sosok guru yang selalu dipuji oleh muridnya.

2. Jiraiya

5 Guru Terbaik di Anime Naruto yang Bisa Jadi Panutangamehubs.com

Jika kita bertanya siapa guru yang mampu menciptakan sosok shinobi yang tangguh dan berpengaruh, maka Jiraiyalah jawabanya. Jiraiya merupakan sannin legendaris yang gemar melakukan pertapaan, pengembaraan, dan menulis. Ia dikenal dengan tingkahnya yang mesum dan gonta-ganti pasangan.

Jiraiya sempat diramalkan oleh Gamamaru akan memiliki seorang murid yang mampu mengubah dunia shinobi menjadi lebih baik. Sejak itulah Jiraiya mendidik banyak murid. Saat perang dunia shinobi kedua, Jiraiya melihat tiga anak yatim piatu di Amegakure yaitu Yahiko, Nagato, dan Konan. Hati Jiraiya yang tersentuh melihat anak lemah ditengah medan perang membuat dirinya melatih dan mendidik tiga anak tersebut tanpa bayaran dan akhirnya ketiga muridnya itu menjadi shinobi hebat.

Sayangnya akibat kematian Yahiko dan pengaruh Obito, murid Amegakurenya pun membentuk akatsuki jahat. Jiraiya tewas ditangan muridnya itu saat melacak keberadaan akatsuki. Jiraiya juga menjadi guru Minato sang Hokage ke-4. Anak didik Jiraiya yang paling berhasil adalah Naruto. Dengan ketekunan dan tekadnya untuk menjadikan Naruto kuat, Jiraiya menghabiskan waktu hampir tiga tahun untuk mendidik dan melatih Naruto sehingga dirinya mampu menjadi shinobi hebat, dan menjadi hokage sekaligus merubah dunia shinobi menjadi lebih baik.

Dari Jiraiya kita belajar bahwa seorang guru tidak mengharapkan imbalan dari muridnya. Rasa panggilan untuk membuat generasi penerus lebih kuat lagi adalah hal yang utama tanpa harapan pemberian materi.

3. Hiruzen Sarutobi

5 Guru Terbaik di Anime Naruto yang Bisa Jadi Panutanaminoapps.com

Hiruzen Sarutobi merupakan Hokage ke-3. Kepercayaan untuk membimbing generasi muda yang dimandatkan Tobirama kepadanya membuat Hiruzen mulai mendidik atau melatih shinobi. Yang paling utama adalah ia memiliki murid tiga sannin yaitu Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade. Hiruzen melatihnya dengan metode merebut lonceng darinya sampai dapat. Hiruzen sangat menyayangi ketiga muridnya walau memiliki karakter yang berbeda.

Selain itu ketiga muridnya memiliki kemampuan yang luar biasa. Terbukti ketiga muridnya sangat memukau ketika melawan Hanzou saat perang dunia shinobi ke-2 sehingga julukan sannin tersebut diberikan. Namun sayangnya salah satu muridnya yaitu Orochimaru menjadi tokoh jahat utama yang membunuhnya saat ujian chunnin di Desa Konohagakure. Meskipun demikian Hiruzen menyayangi Orochimaru dan memahami karakternya. Hiruzen memang sosok guru yang memahami karakter  dan berusaha membuat muridnya hebat.

4. Minato Namikaze

5 Guru Terbaik di Anime Naruto yang Bisa Jadi Panutandeviantart.net

Minato Namikaze merupakan Hokage ke-4 sekaligus ayah Naruto. Sebelum menjadi hokage Minato adalah shinobi yang ditugaskan menjadi guru dan memimpin tim dengan muridnya yaitu Kakashi, Obito, dan Rin. Karakter Minato yang polos serta kesriusanya dalam melatih dan memimpin muridnya dalam berbagai misi membuat mantan murid Jiraiya ini terbilang guru yang cakap.

Metode latihan untuk muridnya sama dengan Hiruzen yaitu ia menggantungkan lonceng di pinggang dan menyuruh ketiga muridnya untuk bekerjasama merebut loncengnya. Selain itu, Minato menguji kemampuan bertarung Kakashi dan Obito yang menjadi teman sekaligus rival. Sayangnya saat perang dunia shinobi ke-3 Obito tertimpa batu besar dan tertimbun namun berhasil diselamatkan Madara dan Rin pun terpaksa dibunuh kakashi karena ulah Kirigakure.

Walaupun murid-muridnya mengalami tragedi, namun Obito dan Kakashi menjadi shinobi berpengaruh dimana Obito yang menjadi antagonis merupakan dalang akatsuki dan Kakashi merupakan Jounin yang hebat.

5. Hatake Kakashi

5 Guru Terbaik di Anime Naruto yang Bisa Jadi Panutankwikku.com

Kakashi merupakan shinobi Konoha yang cukup menonjol dalam anime Naruto. Mantan murid Minato ini memiliki kemampuan luar biasa dari menjadi ANBU sampai Jounin yang berbakat serta menguasai hampir semua jutsu. Shinobi yang dikenal dengan copyninja atau ninja peniru ini merupakan guru dari tim 7 yang terdiri dari Naruto, Sasuke, dan Sakura. Prinsip Kakashi adalah kerjasama tim karena sahabatnya Obito mengatakan orang yang mengabaikan temanya lebih buruk dari sampah.

Dengan metode lonceng sama seperti pendahulunya Hiruzen dan Minato, harapan kakashi adalah muridnya dapat bekerjasama. Namun, metode ini kurang tepat karena perbedaan karakter muridnya. Akhirnya kerjasama muridnya muncul ketika Kakashi mengikat Naruto di sebuah tiang karena kenakalanya dan tidak mendapat makan. Sasuke dan Sakura yang merasa Iba memberikan makanan pada Naruto meskipun dilarang oleh Kakashi. Kerjasama tim ini juga muncul saat muncul rasa penasaran tim 7 akan wajah asli Kakashi.

Lalu Kakashi menyamar sebagai fotografer untuk melihat kerjasama ketiganya mengungkap wajah aslinya. Puncaknya kerjasama tim ini terwujud saat ketiganya sama-sama mengalahkan Kaguya di perang dunia shinobi ke-4. Hal ini karena prinsip kerjasama Kakashi walau karakter ketiganya berbeda.

Demikianlah 5 guru terbaik di anime Naruto yang dapat menginspirasi guru lainya dalam mendidik muridnya

I Putu Yoga Sadhu Photo Verified Writer I Putu Yoga Sadhu

Lulusan Pendidikan.Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya