TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Anak Rata-rata Bakal Melawan Kalau Orangtuanya Otoriter

Tekanan bikin anak jadi suka melawan dan susah diatur

Pexels.com/Cottonbro

Sudah menjadi salah satu kewajiban dan tanggung jawab orangtua untuk mendidik anak-anaknya dan memastikan mereka untuk tumbuh dengan baik. Tapi dari berbagai macam cara dan tipe asuh yang ada, tipe otoriter konon menjadi yang paling dibenci anak lho.

Rata-rata anak yang memiliki orangtua otoriter bakal melawan dan sulit diatur, ada beberapa alasan yang akan menjelaskannya, dan di bawah ini adalah lima di antaranya. Yuk simak!

1. Gak semua anak suka diatur-diatur

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Penyebab pertama mengapa anak melawan jika orangtuanya otoriter ialah karena gak semua anak suka jika dirinya diatur-atur dan diperintah. Hal ini bisa dibilang sangat logis, sebab ketika dirinya sudah bisa berpikir dan tahu apa yang ingin ia lakukan pasti bakal menyebalkan jika ada yang melakukan kebalikan dari kemauannya.

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua yang Berbahaya untuk Kepribadian Anak

2. Cara otoriter justru membuat anak tertekan lho

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Kedua, mendidik atau mengasuh anak dengan cara otoriter justru malah membuatnya tertekan lho. Jarang ada anak yang bisa merasa nyaman dengan pola asuh yang seperti ini. Kalau pun ia dapat beradaptasi dengan itu, anak akan menjadi pribadi yang keras ketika ia dewasa.

3. Berontak karena suara dan keinginannya diabaikan

Pexels.com/Tatiana Syrikova

Alasan lainnya mengapa anak bakal melawan ialah karena jiwanya tidak terima ketika suara atau keinginannya tidak didengar atau diabaikan. Sebab orangtua yang otoriter biasanya kurang mendengar pendapat anak dan mendidik anak untuk mengikuti pilihannya.

4. Tidak merasa benar-benar disayang

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Lalu anak juga merasa tidak benar-benar disayang kalau orangtuanya otoriter. Mendidik anak itu memang penting, tapi jangan lupakan juga kalau mereka butuh banyak kasih sayang dan afeksi yang membuatnya merasa diinginkan dan dicintai. Tidak perlu terlalu memanjakannya, namun pastikan bahwa dia tahu kalau kamu menyayanginya.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Harusnya Bangga Kalau Anak Tertarik & Hobi Baca Buku

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya