TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Batasan Privasi dengan Saudara, Gak Semua Urusan Bisa Dikepoin

Tetap harus ada batas privasi walaupun bersaudara

ilustrasi teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hubungan bersaudara dalam keluarga dengan kakak dan adik bisa dibilang sebagai hubungan yang sangat dekat. Sehingga wajar jika berusaha saling menjaga dan tahu hal pribadi satu sama lain sebagai keluarga. 

Akan tetapi di dalam hubungan persaudaraan pun sudah semestinya tetap memiliki batasan privasi, entah itu dengan kakak, adik, atau bahkan sepupu sekalipun. Kenapa? Karena bersaudara bukan berarti harus tahu semua hal detail antara satu sama lain, selain itu juga untuk menjaga kenyamanan bersama. 

Beberapa batasan privasi dengan saudara ada dalam poin-poin pembahasan berikut ini. Jadi pastikan menyimaknya baik-baik, ya!

1. Urusan rumah tangganya

ilustrasi keluarga (pexels.com/Keira Burton)

Yang namanya bersaudara tentu akan tumbuh dan dewasa pada waktunya, dan pada saat ada saudara yang menikah maka kamu pun harus tahu batasan privasi yang mesti dijaga. Yaitu batasan privasi mengenai urusan dan masalah rumah tangganya. 

Meskipun bersaudara dan sangat dekat dengan kakak atau adikmu, tidak semestinya kepo sama urusan rumah tangganya. Hal ini juga termasuk support keluarga yang dibutuhkan ketika menikah. 

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Selalu Mengkhawatirkan Anak-anaknya, Penasaran?

2. Siapa-siapa saja temannya

ilustrasi teman (pexels.com/Keira Burton)

Untuk batasan privasi yang satu ini setiap keluarga punya aturan dan kebiasaannya sendiri. Akan tetapi gak ada salahnya untuk menerapkannya untuk menjaga kenyamanan hidup satu sama lain dalam persaudaraan. 

Yaitu batasan privasi tentang siapa-siapa saja temannya. Karena perlu diketahui bahwa gak semua orang nyaman membagikan informasi mengenai orang di sekitarnya ketika di luar rumah. Dan sebaiknya jangan kepo sendiri kalau gak saudaramu yang mengenalkan teman-temannya padamu. 

3. Gaji dan urusan keuangan saudaramu

ilustrasi atur uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Walaupun terikat dalam hubungan keluarga, ada batasan privasi juga mengenai gaji dan urusan keuangan saudaramu. Mengetahui berapa gaji saudaramu tentu tidak apa-apa, akan tetapi jangan terlalu bertanya detail dan ingin tahu semua tentang keuangannya. 

Setiap orang punya urusan keuangannya sendiri, baik itu tentang jumlah pemasukan ataupun pengeluarannya. Sebagaimana kamu yang mungkin risi kalau banyak ditanya tentang uang yang kamu punya, saudaramu juga pasti sama risinya. 

4. Detail hubungan yang dijalani dengan pasangan dan mantannya

ilustrasi pasangan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setiap keluarga punya cara yang berbeda dalam menyikapi hubungan asmara saudaranya. Ada tipe yang terbuka dan selalu menceritakan kisah percintaannya, tapi ada juga yang lebih suka private dan menyimpannya sebagai pengalaman sendiri. 

Tapi jika ingin menerapkan respect dengan saudara, ada baiknya untuk tidak kepo tentang detail hubungannya dengan pasangan atau mantannya. Karena setiap orang punya batas privasinya sendiri, terutama dalam hubungan percintaan. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif Gak Cerita Masalah Pribadi ke Orang, Privasi Terjaga!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya