TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Beban & Tekanan Ini Buktikan Kalau Jadi Anak Bungsu Itu Justru Berat

Gak cuma anak sulung, bungsu pun juga punya beban

Pexels.com/Sofia Garza

Tidak dapat dimungkiri kalau ada banyak orang yang memandang anak bungsu dengan sebelah mata, bahkan menganggap punya hidup paling menyenangkan karena menjadi anak terakhir dalam keluarga.

Padahal kenyataannya anak bungsu memiliki beban berat dan tekanan tersendiri, lho. Seperti beberapa di antaranya yang akan dibahas kali ini dan menjadi bukti kalau jadi anak bungsu justru berat. Simak baik-baik penjelasannya, ya.

1. Diharapkan bisa seperti kakak

Pixabay.com/Nikolapeskova

Ketika kamu memiliki saudara yang berprestasi dan baik tentu sangat membanggakan, namun di lain sisi hal itu justru membuat orang-orang berharap bahwa kamu bisa seperti dirinya. Hal ini sepertinya dialami hampir semua anak yang terlahir sebagai bungsu di dalam keluarga.

Baca Juga: 5 Keluhan Anak Bungsu yang Jarang Terungkap, Dicap Manja Bikin Lelah

2. Jarang dibelikan barang baru dan selalu pakai bekas kakak

Pexels.com/Craig Adderley

Menjadi anak bungsu bukan berarti selalu dimanja, lho. Pada banyak kesempatan yang terjadi malah kebalikannya. Misalnya saat meminta dibelikan sesuatu tidak dituruti karena  masih bisa memakai milik kakak. Kalau selalu begini yang ada malah perasaan tertekan karena merasa seolah tak disayangi.

3. Dibanding-bandingkan

Pexels.com/Victoria Borodinova

Beban dan tekanan lainnya adalah anak bungsu kerap dibanding-bandingkan dengan saudaranya yang lebih tua. Mengalami ini tentu tidak menyenangkan, bukan? Sebab setiap anak itu berbeda-beda, dan kita tidak bisa memilih untuk terlahir sebagai anak ke berapa, kan?

4. Dituntut mandiri tapi justru malah dikekang

Pexels.com/Sofia Garza

Kemudian anak bungsu juga merasakan situasi di mana ia diminta untuk mandiri namun orang sekitarnya malah mengekang atau posesif. Mungkin sifat posesif itu muncul karena sayang, namun bukankah jadinya malah membebani ketika ia sendiri dituntut namun tidak diberi ruang yang cukup?

Baca Juga: 10 Leader Grup KPop Ini adalah Anak Bungsu, Panutan Banget!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya