TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatur Dapur Mungil Jadi Terlihat Lapang

Dijamin dapur terasa lebih leluasa deh!

dekoruma.com

Bagi kamu pemilik rumah mungil, jangan berpikir hunianmu tidak bisa tampil bergaya dan nyaman karena ukurannya kecil. Banyak manfaat dari punya tempat tinggal yang tidak terlalu besar. Pastinya, perawatan dan menjaga kebersihannya lebih mudah daripada rumah dengan ukuran yang lebih besar.

Hunian yang berukuran kompak bukan juga berarti ruangan-ruangan di rumah bakal terasa sesak karena penuh dengan furnitur dan barang-barang. Desain interior yang pintar dan pengaturan furnitur yang efisien bisa membuat ruangan-ruangan di rumah tampak lebih luas dari yang sebenarnya. 

Gak terkecuali dengan dapur. Buat kamu yang hobi masak, pastinya dapur adalah tempat yang paling kamu suka banget di rumah. Untuk mendukung hobi dan kegemaranmu itu, dapur harus tampil necis dan nyaman untuk kamu beraktivitas di sana. Dengan cara yang tepat, dapur rumahmu yang berukuran kecil bisa terlihat dan terasa lebih luas. 

Dekoruma mengumpulkan beberapa kiat untuk kamu bisa menciptakan dapur sempit yang terlihat dan terasa lebih luas. Simak, yuk! 

1. Biarkan cahaya alami masuk menerangi dapur

dekoruma.com

Salah satu cara yang paling gampang membuat dapur yang kecil jadi kelihatan lapang adalah dengan menggunakan pencahayaan alami untuk menerangi dapur. Cahaya matahari yang masuk melalui jendela dapur akan memberikan efek ruangan yang luas. Terlebih kalau penggunaan warna di dapur didominasi warna yang kalem dan netral, dapur akan terasa lebih terbuka dan tidak sesak. 

2. Minim furnitur, ciptakan dapur yang compact

dekoruma.com

Furnitur yang sedikit bukan berarti dapur gak bisa tampil maksimal. Dalam situasi ini kamu bisa memanfaatkan desain interior dan furnitur pintar yang modular dan multifungsi untuk mengurangi jumlah furnitur yang dipakai di dapur.

Dengan begitu, visual dapur akan tampil lebih lowong dan terbuka karena ruangan tidak disesakkan dengan furnitur yang tidak perlu dan pandangan mata tidak terganggu dengan furnitur yang bertumpuk.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kitchen Island Agar Dapur Minimalis Kamu Makin Estetik!

3. Palet warna netral yang tidak menyesakkan

dekoruma.com

Penggunaan warna dalam ruangan mengatur beberapa aspek dalam ruangan tersebut. Visualisasi pada mata orang di ruangan itu, temperatur ruangan, serta perasaan atau mood orang di dalam ruangan berdasarkan psikologi warna.

Untuk efek dapur berukuran kecil yang lapang, kamu bisa menggunakan warna yang netral, kalem, dan earthy. Warna putih tidak akan pernah salah, diikuti warna lain; krem, beige, abu-abu muda, dan warna lain yang lebih terang seperti biru muda, hijau muda, dan kuning. 

4. Dapur kecil bukan halangan punya kitchen island

dekoruma.com

Meski berukuran kecil, kalau desain interior dapur direncanakan dengan efisien yang kelihatan dari penggunaan furnitur yang multifungsi dan bersifat space-saving, keinginan punya kitchen island di dapurmu bukan angan-angan lagi, kok.

Kalau dapurmu sempit tapi tetap terbuka, kamu bisa memasang kitchen island yang berukuran kecil atau sedang di tengah dapur. Selain jadi aksen yang lebih mewah, kitchen island juga berfungsi untuk jadi permukaan kerja tambahan saat memasak. Bagian bawahnya juga bisa dipakai untuk menyimpan alat-alat masak. 

Baca Juga: 10 Peralatan Dapur Elektronik yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya