TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Nama 3 Anak Bung Hatta, Bernuansa Islami dan Punya Makna Indah

Ketiganya berjenis kelamin perempuan

Instagram.com/halidahatta

Mohammad Hatta, Wakil Presiden Republik Indonesia pertama, sangat berjasa dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa ini. Bung Hatta tutup usia di tanggal 14 Maret 1980, meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak perempuan.

Ketiga putri Bung Hatta punya nama yang indah, bernuansa Islami dan menyimpan makna mendalam. Yuk, simak nama lengkap tiga putri Wakil Presiden Republik Indonesia pertama beserta artinya!

Baca Juga: Penuh Liku, Kisah Cinta Sukarno dan Sembilan Istrinya

1. Meutia Farida Hatta

Instagram.com/meutiahatta

Putri sulung Bung Hatta dan istrinya, Siti Rahmiati, adalah Meutia Farida Hatta. Wanita kelahiran Yogyakarta 73 tahun silam ini, pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia periode 2004-2009.

Nama "Meutia" berasal dari kata 'mutiara' yang bermakna keindahan. Sementara "Farida" dalam bahasa Arab memiliki arti berharga atau sempurna. Ditutup dengan nama belakang sang ayah, yaitu "Hatta". Jika digabungkan, arti nama Meutia Farida Hatta adalah keindahan yang sempurna.

2. Gemala Rabi'ah Hatta

Gemala Rabi'ah Hatta (berada di tengah)/ Sumber Instagram.com/halidahatta

Berselang lima tahun dari kelahiran Meutia, Bung Hatta dikaruniai anak perempuan lagi yang diberi nama Gemala Rabi'ah Hatta. Nama "Gemala" kemungkinan berasal dari kata 'gema' yang berarti bunyi, dan 'kemala' yang bermakna kesempurnaan.

"Rabi'ah" berasal dari kata 'rabiul' yang dalam bahasa Arab bermakna subur atau kesuburan. Sama seperti sang kakak, nama "Hatta" juga disematkan di bagian belakang.

Jika digabungkan, arti nama Gemala Rabi'ah Hatta adalah kesuburan dan bunyi yang sempurna.

Baca Juga: 5 Kisah Cinta Fenomenal Anak dan Cucu Sukarno, Penuh Lika-liku!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya