TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penting, Ini 6 Ilmu Parenting yang Dibutuhkan Orangtua Millennial

Yuk datang ke Popmama Parenting Academy 2019!

Pexels/J Carter

Menjadi orang tua bukan sekadar menyandang status baru, tapi juga mengemban tanggung jawab yang lebih berat. Akan banyak pelajaran dan tantangan baru yang mewarnai perjalanan parenting nantinya.

Menghadapi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, generasi millennial yang akan atau sudah berstatus orang tua perlu menyiapkan diri sebaik-baiknya. Enam ilmu parenting di bawah ini penting banget untuk dipahami. Yuk, simak selengkapnya!

1. Menyusun perencanaan keluarga dengan matang

Unsplash/@alvinmahmudov

Sebelum memutuskan memiliki anak, pastikan kamu dan pasangan sudah menyusun perencanaan keluarga secara matang. Gak cuma urusan finansial, pertimbangkan juga kesiapan mental dan detil-detil lainnya.

Diskusikan dulu semua aspek yang berkaitan dengan rencana memiliki anak. Mulai dari program hamil, pemilihan dokter dan rumah sakit, pengaturan keuangan, persiapan dana darurat, bahkan hingga pola asuh.

Selain untuk mematangkan persiapan, memperbanyak diskusi dengan pasangan juga meningkatkan kekompakan sebagai suami-istri.

2. Menyiapkan kehamilan yang terencana

freepik/biancoblue

Rencanakan juga proses kehamilan sebaik mungkin meliputi pengecekan kesehatan, pemberian nutrisi tambahan, dan pengetahuan seputar tumbuh kembang janin. Beberapa pasangan mungkin perlu melakukan treatment tambahan seperti program bayi tabung.

Nah, bagi kamu dan pasangan yang perlu menempuh treatment tambahan tersebut pastikan sudah mencari informasi selengkap-lengkapnya. Jangan segan juga untuk menanyakan langsung ke dokter kandungan.

Baca Juga: 7 Film Tentang Parenting yang Recommended Ditonton Papa & Mama Muda

3. Apa saja, ya kebutuhan newborn baby?

Pexels/Isaac Taylor

Pelajari juga soal kebutuhan bayi di tiap masa tumbuh kembangnya. Bagaimana ASI mengambil peran penting dalam enam bulan pertama, lalu dilanjutkan dengan pemberian MPASI.

4. Tantangan setiap orangtua dari masa ke masa: bullying dan body shaming

pixabay/JessFoami

Setelah anak menginjak usia balita dan mulai berinteraksi dengan banyak orang di luar rumah, ada dua tantangan yang harus dihadapi para orangtua: bullying dan body shaming.

Makin maraknya kasus perisakan dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi tantangan bagi orangtua. Anak perlu diedukasi dengan bai agar gak menjadi pelaku perisakan, sekaligus meminimalisir risiko menjadi korban.

5. Melibatkan teknologi dalam pola asuh ternyata ada seninya

Unsplash/Hal Gatewood

Di era serba teknologi ini, ada tantangan baru yang perlu dihadapi para orang tua berusia millennial. Teknologi memiliki sisi positif dan negatif sekaligus, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik.

Teknologi juga memudahkan orang tua masa kini mencari informasi seputar parenting. Namun arus informasi yang membanjiri lini-lini masa ini perlu disikapi dengan bijak. Belum lagi soal trik-trik mengenalkan teknologi pada anak tanpa membuatnya kecanduan.

Baca Juga: 4 Tantangan Orangtua Millennials dalam Parenting, Kamu Merasakan Juga?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya