TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unik dan Elok, 7 Inspirasi Nama Anak dari Mitologi Nordik

Gak kalah keren dari nama-nama mitologi Yunani!

romper.com

Saat menentukan nama bagi buah hati, para orangtua biasanya mencari nama-nama yang indah dan bermakna atau bahkan nama-nama unik yang memiliki sejarah panjang. Nama-nama dewa atau dewi dalam mitologi kuno seperti mitologi Nordik bisa menjadi salah satu ide untuk ditiru. Mitologi Nordik merupakan kepercayaan kuno masyarakat Eropa Utara sebelum kedatangan agama Kristen.

Meskipun tidak seterkenal mitologi Romawi atau Yunani, dewa-dewi dalam mitologi Nordik memiliki nama yang bermakna kuat dan sempurna untuk disematkan pada buah hati. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kara

unsplash.com/@yespanioly

Nama Kara telah banyak digunakan di berbagai macam bahasa sehingga sulit untuk dipercaya bawa nama ini berakar ke mitologi Nordik. Dalam mitologi Nordik, Kara adalah valkyrie atau manusia bersayap yang membawa tongkat yang dianggap sebagai dewi karena sifatnya yang bijak dan suka membantu dalam peperangan.

Menurut legenda, Kara mengikuti kekasihnya, Helgi, ke dalam pertempuran dan melindunginya dengan menyanyi dengan sangat indah sehingga musuh-musuhnya berhenti berkelahi. Variasi ejaan nama lainnya adalah Cara, berasal dari kata dalam bahasa Italia yang artinya "tercinta". 

2. Nilda

unsplash.com/@ratiubia

Nilda adalah kependekan nama dari bahasa Spanyol dan Protugis untuk nama Brunilda, yang juga digunakan di Italia. Kedua nama tersebut pada dasarnya berasal dari bahasa Jerman, Brünhild, "brun" yang berarti "baju besi" atau "perlindungan" dan "hild" yang berarti "pertempura".

Dalam mitologi, Brunhild adalah seorang putri yang sangat cantik, fierce, bersemangat, dan juga seorang Valkyrie yang kuat. Dia bersumpah untuk menikahi seorang lelaki yang bermoral baik yang juga bisa melampaui kekuatan fisiknya. Penuh sejarah yang kuat, bukan?

Baca Juga: Bermakna Dalam, Ini 14 Inspirasi Nama Klasik dari Bahasa Sansekerta

3. Valka

pixabay.com/Gilmashin

How to Train Your Dragon merupakan salah satu film yang terinspirasi dari mitologi Nordik. Bagi kamu yang sudah menonton film How to Train Your Dragon 2, pasti tidak asing dengan nama ini.

Dalam film tersebut, Valka adalah ibu Hiccup yang telah lama hilang dan istri dari Stoick the Vast. Valka adalah bentuk singkat untuk Valgerðr yang artinya Tuhan tahu apa.

4. Magni

Unsplash.com/@lukepennystan

Pecinta komik Marvel mungkin tidak asing dengan nama Magni. Magni merupakan salah satu putra dari Thor yang dilahirkan oleh Járnsaxa dan dikatakan sebagai perwujudan dari sifat sang ayah.

Nama ini memiliki arti perkasa, sangat kuat, dan tak kenal lelah. Nama Magni adalah pilihan nama yang tepat untuk anak laki-laki dan cocok untuk semua jenis tipe kepribadian, dari yang simpatik hingga yang berkemauan keras. 

5. Freya

pexels.com/@burst

Freya adalah salah satu dewi terkemuka dalam mitologi Norse yang terkait dengan kesuburan dan cinta. Dewi Freya digambarkan sangat cantik dan dia memiliki banyak pengagum, tidak hanya di antara para Dewa dan Dewi tetapi juga di antara para kurcaci dan raksasa.

Freya memiliki bakat yang tidak biasa yaitu ketika dia menangis, air matanya berubah menjadi kuning atau emas. Nama Freya (dalam Norse Lama "Freyja)" berarti wanita, dan juga bisa dieja Freya, Freija, Frejya, Freyia, Freia, Freja, Frua, dan Freiya. Variasi ejaan lain dari nama Freyja bahkan lebih populer di bagian lain dunia.

6. Ingrid

pexels.com/@zun1412

Ingrid adalah nama anak perempuan di Skandinavia, Jerman, dan Belanda. Ingrid berasal dari bahasa Norse Kuno dan berarti "dewi yang cantik". Dalam mitologi Norse, Ing adalah nama lain Freyr, dan dewa penting pertanian, cuaca, dan kesuburan.

Ingrid selalu menjadi nama yang sangat populer di negara-negara Skandinavia, salah satunya adalah Ingrid dari Swedia yaitu Ratu Permaisuri dari Denmark. Nama Ingrid dapat memiliki varian nama lain seperti Ingerid atau Ingfrid, dan bentuk pendek seperti Inga, Inger, dan Ingri.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Anak Kembar Bagi Ortu Millennial

Verified Writer

Mademoiselle Dii

On a journey of life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya