TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan yang Perlu Dimiliki Ibu agar Tetap Waras

Ingat, kamu jantungnya rumah tanggamu

ilustrasi ibu lelah (pexels.com/Sarah Chai)

Menjadi ibu dan merawat anak, suami, serta mengurus rumah, merupakan kegiatan yang berat. Pekerjaan tak berbayar ini juga sering sekali menguras tenagamu. Belum kalau kamu termasuk ibu yang juga bekerja untuk mencukupi biaya hidup rumah tanggamu.

Saking banyaknya tanggung jawab ibu, pada akhirnya banyak ibu yang stres. Padahal ibu adalah jantungnya rumah tangga. Jika ibu tidak baik-baik saja, semua hal dalam rumah itu juga tidak baik-baik saja. Ibu yang bahagia adalah rumah tangga yang bahagia. Ini kebiasaan yang perlu dimiliki setiap ibu agar tetap waras.

1. Jangan sampai telat makan

ilustrasi ibu makan (pexels.com/Anna Pou)

Ibu, kamu juga harus mementingkan dirimu sendiri. Apalagi dalam hal makan. Kalau kamu sakit, tidak ada yang bisa merawat dirimu dan merawat rumahmu. Pilih makanan yang tinggi protein. Protein penting untuk memperbaiki otot, menjaga kesehatan tubuhmu, serta mendorong metabolisme tubuh untuk mempertahankan energi.

Sehingga meskipun kamu sibuk, kamu tidak mudah lemas dan sakit. Dan jika dirasa kurang, tak masalah kok menambah variasi makanmu. Selama yang kamu konsumsi adalah makanan sehat seperti buah, protein bar, granola, oat, dan sebagainya. Tubuh yang sehat adalah kunci pertama ibu tetap waras.

Baca Juga: 5 Manfaat Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga di Antara Suami dan Istri

2. Sesingkat apapun waktunya, cobalah berolahraga

ilustrasi ibu berolahraga (pexels.com/Kamaji Ogino)

Jika ibu mengalami susah tidur di malam hari, maka itu tanda ibu kurang aktif dan terlalu banyak pikiran. Salah satu cara untuk membuat tubuh rileks dan bisa istirahat tenang adalah dengan berolahraga. Tak perlu harus sampai pergi ke gym, kok. Kamu juga bisa berolahraga dengan cara berjalan-jalan di sekitar blok rumah.

Jadikan olahraga sebagai kebiasaan, demi tubuh yang sehat. Pilih satu hari dalam seminggu di mana kamu bisa benar-benar berolahraga sendiri tanpa gangguan. Siapkan semua peralatan olahraga itu di malam hari sebelumnya agar niatanmu tak batal.

Dan jangan lupa, latih pernapasan selama berolahraga. Teknik pernapasan yang baik dapat membuat ibu mudah untuk melepaskan stres. Jadi ketika anak tantrum, rumah berantakan, dan tidak ada hal yang berjalan sesuai rencana, gunakan teknik pernapasan tersebut untuk membuat dirimu lebih tenang.

3. Banyak minum air putih

ilustrasi minum air (pexels.com/Adrienn)

Minum air putih banyak merupakan kebiasaan yang sering disepelekan. Bahkan gak jarang ibu lupa untuk minum sampai di tengah hari. Apalagi ketika menjaga anak, tubuh akan kehilangan cairan lebih banyak daripada biasanya. Padahal kekurangan air putih bisa membuat tubuh mudah lelah dan pusing, lho. 

Solusinya, selain menyiapkan botol minum anak, siapkan juga botol minum ibu. Taruh botol itu di dekat botol minum anak. Jadi ketika mengingatkan anak untuk minum, ibu juga otomatis ikut minum. Gunakan botol yang ada penanda ukuran air. Dengan begitu, ibu bisa melihat konsumsi cairan hari ini apakah cukup atau kurang.

4. Prioritaskan self-care

ilustrasi self care (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kelelahan mental dan emosional, merupakan hal yang wajar banget dialami orangtua. Karena itu, tak ada salahnya meminta tolong ketika dirasa sudah tidak kuat. Memprioritaskan self-care itu tidak sama dengan egois kok. Justru dengan memprioritaskan self-care, ibu makin bisa membawa energi positif ke dalam rumah tangganya.

Tak harus mahal, setiap orang punya self-care dengan caranya masing-masing. Ada yang senang bisa mandi tanpa gangguan. Ada yang cuma butuh tidur. Ada yang senang bisa belanja dan masak tanpa diganggu. Apa pun itu caranya, prioritaskan dirimu sendiri agar ibu tetap bisa waras dan sehat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orangtua yang Dapat Membuat Anak Merasa Jengah, Catat!

Verified Writer

Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya