TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Bayi, Ibu Baru Perlu Ini!

#IDNTimesLife salah satunya mandi dengan waktu singkat

pexels.com/Lisa Fotios

Selain pada orang dewasa, masalah kulit juga bisa terjadi pada anak bayi. Kulit bayi masih cenderung halus dan senstif.

Hal itu menyebabkan kulit bayi lebih mudah kering dan mengalami iritasi. Berikut ini IDN Times akan memberikan beberapa tips merawat dan mengatasi kulit kering bayi. Yuk, simak!

1. Hindari penggunaan sabun dan produk mandi yang menghasilkan busa

pexels.com/Sora Shimazaki

Busa berasal dari detergen dan pada umumnya terkandung dalam sabun dan sampo. Detergen merupakan bahan yang berbahaya apabila terkena kulit bayi. Untuk itu, kamu bisa menggunakan produk bayi yang bebas detergen atau produk dengan klaim gentle.

2. Pilih pelembap yang gak mengandung fragrance

pexels.com/Lisa Fotios

Tips selanjutnya adalah mengaplikasikan pelembap untuk menghidrasi kulit bayi. Biasanya, ada pelembap yang mengandung pewangi atau fragrance yang menyebabkan kulit bayi iritasi. Pilihlah pelembap yang bebas fragrance serta aman.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Produk Perawatan Bayi yang Aman, Awas Alergi!

3. Mandi dengan waktu singkat

pexels.com/Henley Design Studio

Mandi terlalu lama dapat menghilangkan kelembapan alami kulit bayi. Kamu bisa batasi waktu mandinya dan mempersingkatnya sekitar 5-10 menit saja. Kamu juga gak perlu memandikan si kecil setiap hari, apalagi ketika cuaca dingin.

Gunakan air hangat ketika memandikan bayi. Airnya harus hangat dan jangan terlalu panas, ya! Air panas menyebabkan kulit bayi kehilangan kelembapan aslinya sehingga membuat kulitnya menjadi kering.

4. Gunakan pelembap secara rutin

pexels.com/Anna Shvets

Si kecil harus menggunakan pelembap secara teratur. Idealnya, pelembap digunakan dua kali sehari atau lebih. Kamu juga bisa mengaplikasikannya di waktu yang tepat, yaitu setelah anak mandi karena keadaan kulitnya sedang hangat dan lembap.

Baca Juga: 12 Pilihan Makanan Penambah Berat Badan Bayi dan Balita

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya