TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Disadari, 5 Hal Ini Bikin Hubunganmu dengan Keluarga Jadi Renggang

Ketahui beberapa hal ini sebelum terlambat

pixabay.com/trevoykellyphotography

Dalam hidup pasti ada saja masalah yang kita hadapi. Termasuk punya masalah dengan keluarga sendiri. Kadang apa yang kita lakukan menciptakan tembok penghalang dengan keluarga, entah disebabkan karena terlalu sibuk kerja, atau faktor lainnya.

Gak jarang, ada beberapa hal yang bisa menciptakan permusuhan terhadap keluarga sendiri. Nah, berikut 5 hal yang tanpa sadar bisa membuat hubungan dengan keluarga jadi renggang. 

1. Kesibukan kerja hingga mengabaikan momen bersama keluarga

unsplash.com/@ Paige Cody

Hal pertama yang dapat memicu hubunganmu dengan keluarga menjadi renggang, yaitu karena disebabkan kesibukan kerja. Ngaku aja, kesibukan terhadap pekerjaan dari berangkat pagi pulang malam, lembur ini itu terhadap pekerjaan, bertemu dengan client, pasti sangat menyita waktu dan tenaga.

Lebih-lebih waktu weekend juga kamu manfaatkan untuk bekerja, hal itu tentunya bisa membuatmu kehilangan banyak waktu bersama mereka. Maka sesibuknya kamu, jangan lupa manfaatkan waktu bersama keluarga, ya. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Hubunganmu dengan Orangtua Makin Renggang

2. Komunikasi yang tidak tidak berjalan lancar

unsplash.com/@Logan Weaver

Hal selanjutnya yang dapat memicu hubunganmu degan keluarga jadi renggang yaitu komunikasi di antara kalian yang nggak bisa berjalan dengan baik. Kamu jarang ngobrol dengan orangtua dan selalu menyembunyikan apa yang kamu rasa. Di lain sisi orangtua tidak ingin tahu apa kegiatan anaknya, tidak pernah bertanya bagaimana keadaanmu, dsb.

Jika hal tersebut dibiarkan tentu bisa menciptakan jarak dengan keluarga sendiri. Komunikasi itu amat penting lho, coba deh sesibuknya kamu sempatkan waktu ngobrol bareng mereka sebelum berangkat kerja, sering menelpon orangtua saat kamu di perantauan, dsb. 

3. Terlalu fokus pada pacar atau pasangan

unsplash.com/@Scott Broome

Hal selanjutnya yaitu karena terlalu fokus pada pacar atau pasangan. Banyak orang yang terlalu bucin pada sang pacar, rela menuruti ini itu, semua hal dikasih untuknya, hingga sikapnya tersebut nggak sadar menjauhkan dengan keluarganya sendiri.

Di luar sana, banyak ditemui hubungan keluarga jadi renggang karena alasan percintaan. Buat kamu, bucin terhadap pasangan itu tidak apa-apa. Tapi ingat jangan karena berlebihan mencintai seseorang, kamu malah jadi melupakan keluarga sendiri. 

4. Jarang memiliki kebersamaan dengan keluarga sendiri

unsplash.com/@Omar Lopez

Hal selanjutnya yang dapat memicu hubunganmu dengan keluarga jadi renggang, yaitu karena kalian jarang memiliki waktu kebersamaan. Kamu sibuk dengan kerjaan atau studi, orangtuamu juga sibuk dengan pekerjaannya, dengan beralasan sibuk inilah akhirnya kalian jarang memiliki waktu bersama.

Begitu juga saat ada waktu untuk kumpul bareng, kalian malah sibuk dengan handphone masing-masing. Maka saat ada momen bersama, manfaatkan dengan baik, ya. 

Baca Juga: Hubunganmu dengan Keluarga Pasangan Renggang? Coba Lakukan 5 Tips Ini

Verified Writer

Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya