TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Pasangan, Catat!

Cara ini penting untuk mencegah adanya konflik

ilustrasi uang (pexels.com/evgphotos)

Mungkin kamu dan pasangan kerap menemui tantangan, serta masalah, kamu semuanya tetap dilewati dengan baik. Termasuk salah satunya mengenai urusan keuangan atau finansial yang dimiliki pasangan. Sebaiknya memang disarankan pasangan untuk memiliki tabungan keuangan secara terpisah. Hal ini dirasa sangat penting, sebab beberapa alasan yang berikut ini.

1. Pengelolaan keuangan yang mungkin berbeda

ilustrasi uang (pexels.com/@goumbik)

Alasan pertama berkaitan dengan preferensi personal yang mengelola keuangan secara berbeda. Antara kamu dan pasangan biasanya memiliki caranya tersendiri dalam mengolah keuangan, sehingga sulit cocok apabila dipaksakan untuk membuat satu tabungan.

Jika dipaksakan juga biasanya akan sangat rentan mengalami cekcok. Ketidakcocokan pengelolaan uang biasa menjadi masalah yang cukup serius dalam hubungan.

Baca Juga: 5 Prioritas Alokasi Keuangan saat Gajian, dari Nabung sampai Sedekah!

2. Kebutuhan pribadi yang berbeda

ilustrasi finansial (unsplash.com/@cardmapr)

Antara dirimu dan pasangan biasanya memiliki kebutuhan mengenai satu hal yang berbeda. Kebutuhan tersebut tentu tidak mudah untuk dipenuhi apabila keuanganmu masih menyatu dengan pasangan.

Dengan memisahkan keuangan personal dengan pasangan, setidaknya kamu jadi dapat menggunakan secara mudah untuk kebutuhan personalmu. Hal tersebut tentu tidak akan mengganggu hubunganmu dengan pasangan.

3. Risiko terpakai oleh salah satunya

ilustrasi bertengkar (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Ketika memutuskan untuk menyatukan tabungan dengan pasangan, maka ada berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan. Salah satu pertimbangannya adalah kemungkinan terlibat masalah dengan pasangan.

Hal ini bisa terjadi apabila uang tersebut terpakai oleh salah satunya. Itulah mengapa memisahkan keuangan personal akan sangat bermanfaat untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan yang seperti ini.

4. Hak pribadi

ilustrasi pasangan (pexels.com/@alex-green)

Biasanya pasangan yang memiliki keuangan berbeda merupakan mereka yang sama-sama bekerja. Tentu saja uang yang dihasilkan keduanya menjadi hak bagi masing-masing secara personal.

Hak pribadi itulah yang semestinya membuatmu dan pasangan jadi mempertimbangkan untuk memisah keuangan personal. Dengan begitu, kamu dan pasangan jadi dapat menikmati hak pribadi dari uang yang dihasilkan masing-masing.

Baca Juga: 5 Akibat Gak Bisa Menyesuaikan Gaya Hidup dan Keuangan

Verified Writer

Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya