Comscore Tracker

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlas

Cuma anak-anak yang berbakti yang bisa menguasai trik ini

Kamu suka ngeluh karena orang tuamu suka gak mau nurutin permintaanmu? Bahkan ketika menyangkut sesuatu yang sepele atau penting bagimu? Hmm, jangan-jangan bisa saja karena ada yang salah dengan caramu menyampaikan permintaanmu ke mereka.

Layaknya berinteraksi dengan orang lain, ada juga seni di balik berinteraksi dengan orang tua kita yang terkadang butuh trik simpel untuk menguasainya. Dilansir dari Huffington Post, menurut Hanaan Rosenthal, jika kamu bisa menerapkan sepuluh trik ini, permintaanmu mungkin gak hanya bisa dikabulkan, tapi kamu juga bisa mengambil hati dan kepercayan orang tuamu dan membuat hubungan kalian semakin baik. Patut dicoba nih.

1. Tunjukkan apresiasi yang dalam pada orang tua.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlasinstagram.com/maudyayunda

Terkadang tanpa disadari ketika kita sedang menginginkan sesuatu, kita berusaha keras menunjukkan ke orang tua kita bahwa kita pantas memperoleh yang kita inginkan. Padahal, nyatanya sikap seperti ini paling gak tepat dan malah bikin orang tua kita semakin gak yakin untuk mengabulkan permintaan kita. Alih-alih membuktikan seberapa pantas dirimu, orang tua akan menyimakmu lebih baik jika kamu memberikan apresiasi terhadap mereka sebagai bentuk perhatianmu kepada mereka.

2. Buat mereka memahami dampak positif yang kamu dapat jika permintaanmu dikabulkan.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlaspixabay.com

Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk anaknya, namun tidak selalu bisa langsung memahami apa yang dibutuhkannya. Jadi, jika keinginanmu tidak segera dikabulkan oleh orang tuamu, bisa saja karena mereka belum mengerti alasan di balik permintaanmu. Caranya adalah dengan menawarkan imbalan ke mereka jika permohonanmu dikabulkan. Imbalan tersebut gak melulu harus sesuatu yang menguntungkan orang tuamu saja kok, malah lebih baik jika imbalan tersebut berupa dampak positif terhadap dirimu sendiri yang bisa membuat mereka bangga.

3. Buat mereka bangga.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlaspixabay.com

Gak ada cara lebih ampuh untuk mendapatkan hati orang tua kita selain dengan membuat mereka bangga. Semua orang tua juga pasti ingin mendidik anaknya dengan benar dan membuktikan bahwa mereka berhasil melakukannya. Untuk membuktikannya sebenarnya gak sulit, cukup terapkan hal dan kebiasaan yang mereka ajarkan ke kamu terutama ketika sedang di luar rumah. Misalnya berperilaku dan berpakaian yang sopan, juga inisiatif membantu ketika dibutuhkan.

4. Jangan meminta hal yang di luar kemampuan mereka. Jadilah anak yang tahu diri.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlasnewkidscenter.com

Hanya karena kamu sedang membutuhkan suatu hal bukan berarti kamu bisa memohon ke orang tuamu seenaknya. Kamu juga harus menyesuaikannya dengan kemampuan orang tuamu. Jika kamu menginginkan handphone baru yang harganya dua kali lipat harga handphone lamamu, bisa saja orang tuamu keberatan dan tidak akan membelikannya untukmu.

Langkah tepat tentunya dengan memilih yang sesuai kebutuhan dan dengan harga yang masih sanggup dibayar orang tuamu. Namun jika ternyata hal itu gak memungkinkan, kamu bisa menawarkan orang tuamu untuk membayar sebagian dan sisanya akan dilunasi dengan uangmu sendiri. Dengan begitu, kamu gak cuma menunjukkan bentuk pengertian dan apresiasimu ke mereka, namun juga kamu membuktikan kedewasaanmu dan tanggung jawabmu.

5. Tetap sabar dan buktikan jika kamu layak mendapatkan keinginanmu dengan cara yang tepat.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlasexpertbeacon.com

Terkadang hal yang kita inginkan juga gak selalu harus segera ada untuk kita. Makanya gak ada salahnya menunggu sejenak. Jika orang tuamu belum bisa memenuhi keinginanmu juga bukan berarti mereka gak mau. Mungkin saja sebenarnya mereka masih ragu jika kamu sesungguhnya layak memperoleh hal yang kamu mau, apalagi ketika hal yang kamu minta adalah sesuatu yang cukup mahal dan membutuhkan perhatian atau perawatan penuh. Mending kamu bersabar dulu aja sembari menunjukkan ke orang tuamu jika kamu sudah cukup dewasa dan bertanggungjawab.

Baca Juga: 8 Alasan Logis Mengapa Orang Sukses Sering Mengenakan Pakaian yang Sama Tiap Hari

6. Nikmati saja dulu yang kamu punya.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlasinstagram.com/aurelie.hermansyah

Kamu yang punya saudara kandung mungkin pernah merasakan ‘ketidakadilan’ ketika adik atau kakakmu mendapatkan sesuatu namun kamu tidak. Tapi gak usah marah dan protes, karena bukan berarti orang tuamu pilih kasih. Hal semacam itu memang menyebalkan, namun bukan akhir dari segalanya kok.

Cukup bersabar aja dan jangan terburu-buru memperkeruh suasana karena akan semakin menunjukkan kedewasaanmu dan bikin orang tua semakin menghargaimu juga.

7. Beri orang tuamu waktu sebelum membuat keputusan.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlassouthwestdomestics.org

Satu hal yang penting diingat juga adalah jangan membuat orang tuamu tertekan dengan permintaanmu itu. Bisa saja mereka masih membutuhkan waktu untuk menimbang-nimbang jika kamu layak memperoleh yang kamu minta, dan gak selalu berakhir dengan penolakan kok. Ambil saja sisi baiknya, selagi mereka menimbang-nimbang, kamu punya waktu lebih untuk membuktikn dirimu ke mereka.

8. Cari waktu yang tepat untuk mengutarakan apa yang kamu minta.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlasbuzzle.com

Kemungkinan kamu mendapatkan keinginanmu bisa saja harus pupus hanya karena orang tuamu lagi bad mood sewaktu kamu menyampaikan permintaanmu. Penting juga untuk kamu perhatikan lain kali bahwa timing itu krusial. Rencanakan dan cari waktu yang pas untuk kamu berbicara dengan orang tuamu perihal permintaanmu. Jangan sampai permintaanmu ditolak lantaran mereka lagi bete atau sedang sibuk sehingga kamu gak sempat menerangkan permintaanmu secara jelas ke mereka.

9. “Tidak” juga gak selalu berarti demikian. Jangan mudah marah dulu pokoknya!

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlassheknows.com

Kamu sudah menjelaskan baik-baik terkait permintaanmu namun masih ditolak? Gak perlu langsung sedih karena kamu sesungguhnya masih bisa merubah keadannya kok. Caranya adalah dengan mencari tahu hal yang membuat mereka menolak permintaanmu. Jika alasan mereka dirasa kurang tepat dan kamu bisa mengubahnya, maka lakukanlah hal yang dibutuhkan untuk mengubah pandangan mereka. Misal, orang tuamu ternyata belum yakin jika kamu cukup bertanggungjawab, yang kamu lakukan tentu dengan menunjukkan hal sebaliknya ke mereka dan bisa saja nanti mereka berubah pikiran.

10. Selalu ingat bahwa orang tuamu selalu sayang sama kamu.

10 Cara Ampuh Bikin Orang Tua Mengabulkan Permintaanmu dengan Ikhlasinstagram.com/maudyayunda

Orang tua mana sih yang gak ingin melihat anaknya bahagia? Makanya, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan yang aneh-aneh saat kamu harus menerima penolakan dari orang tuamu. Satu hal yang harus kamu yakini adalah bahwa orang tuamu sesungguhnya ingin membahagiakanmu dan tentu juga ingin memenuhi segala permintaanmu. Namun, hal tersebut tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat dan juga mendidik. Yang terpenting, mereka juga ingin anak-anaknya menghargai dan tidak menyia-nyiakan pemberian mereka

Sekarang sudah paham kan cara-caranya. Tapi tetap harus diingat ya, dengan tips-tips ini bukan lantas kamu bisa mengharapkan orang tuamu memanjakan kamu sepenuhnya atau malah kamu jadi baik ketika ada butuhnya saja lho. Anggap saja segala permintaanmu yang dikabulkan sekedar bonus, karena inti dari hal-hal di atas adalah untuk memperbaiki cara interaksi dan sikap kamu ke orang tuamu supaya kamu juga bisa lebih dewasa.

Baca Juga: 29 Kalimat yang Jika Sering Diucapkan Bikin Kamu Terlihat Bodoh dan Gak Profesional

Topic:

Berita Terkini Lainnya