Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati Janji

Orang-orang bisa jadi malas untuk percaya padamu lagi, lho

Bisa dibilang bahwa janji sama seperti hutang yang dibawa mati. Karena sampai kapanpun sebuah janji yang kamu bakal terus ditagih, dan ditepati atau tidaknya janji itu akan sangat berpengaruh pada citra dirimu.

Makanya sangat penting bagimu untuk berhati-hati dalam membuat janji, jangan sampai malah menjanjikan sesuatu yang mustahil, atau bahkan sengaja menunda-nunda menepatinya. Beberapa alasan kenapa hal itu tidak baik dilakukan ada dalam pembahasan berikut ini.

1. Kepercayaan orang padamu bisa luntur perlahan

5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati JanjiPexels.com/Cottonbro

Pertama, menunda-nunda untuk menepati janji ke orang lain itu gak baik dilakukan karena cepat atau lambat kepercayaan orang padamu perlahan bisa luntur. Sebab yang tadinya dia yakin pada janji yang kamu buat, lama-lama malah jadi ragu dengan sikapmu yang sengaja menunda dan seolah menghindar. Sayang sekali kalau rasa percaya orang hilang gara-gara ini.

2. Hanya akan menjadi beban yang belum tuntas untuk dirimu sendiri

5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati JanjiPexels.com/Cottonbro

Lalu alasannya yang kedua kenapa gak baik untuk sengaja menunda janji ke orang ialah karena hal itu justru hanya akan menjadi beban yang memberatkanmu, bahwa janji itu belum tuntas-tuntas dan bakal jadi beban pikiran. Alhasil kamu sendiri yang susah, padahal kalau menepatinya dengan cepat kan gak perlu sampai kepikiran dan jadi beban.

Baca Juga: Bukan Janji, 10 Kalimat Sederhana Tanda Kekasihmu adalah Jodohmu

3. Membuat hubunganmu dengan orang lain jadi buruk

5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati JanjiPexels.com/Nicole Michalou

Ketiga, menunda menepati janji itu gak baik karena akan membuat hubunganmu dengan orang lain berubah menjadi buruk. Mulai dari hilangnya kepercayaan orang padamu, adanya fitnah-fitnah, atau bahkan bisa menjadi bahan pembicaraan orang-orang yang kemudian berdampak buruk pula untuk citra dirimu. Jadi gak ada sisi baiknya sama sekali, kan?

4. Omonganmu jadi disepelekan orang

5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati JanjiPexels.com/Nicole Michalou

Kemudian, kalau kamu kebiasaan sengaja menunda janji maka kedepannya omonganmu malah jadi disepelekan orang, lho. Bahwa kamu sudah dianggap sebagai orang yang gak bisa dipegang janjinya, jadi mau kamu meyakinkan orang lain tentang kata-katamu dengan bagaimanapun bakal disepelekan. Itu semua karena kamu menunda-nunda janji yang dibuat.

5. Sulit mendapatkan jodoh

5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati JanjiPexels.com/Andrew Neel

Dan alasannya yang terakhir ialah, sikapmu yang menunda janji itu bisa berdampak buruk untuk dirimu sendiri yaitu sulit mendapatkan jodoh. Orang-orang tentu gak mau bersama kamu yang citranya buruk, dan pastinya tidak ada yang tahan lama bersamamu jika kamu selalu menunda janji atau bahkan berusaha menghindari janji yang dibuat, sedangkan setiap orang perlu kepastian dan keyakinan dari pasangannya.

Itulah tadi beberapa alasannya kenapa menunda janji itu gak baik, pokoknya kalau membuat janji pada seseorang tepati saja dengan cepat, ya. Hal itu juga demi kebaikanmu kok.

Baca Juga: Gak Cuma Modal Omdo, 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Menepati Janji

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya