Comscore Tracker

5 Tips Mengasah Kemampuan Berpikir Out Of The Box, Terus Kembangkan! 

Melahirkan ide baru yang cemerlang 

Beberapa posisi cenderung menuntut seseorang untuk mengerjakannya sesuai aturan atau bisa dibilang saklek. Namun, tahukah kamu di era sekarang justru pemikiran saklek ini bisa memicu berbagai kegagalan. Tentunya hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi yang bergerak begitu cepat. Perlu kemampuan beradaptasi melalui ide baru diluar kebiasaan sehari-hari supaya bisa tetap bertahan.

Nah, untuk itulah kemampuan berpikir out of the box sangat banyak dibutuhkan. Sudahkah kalian memiliki kemampuan ini? Jika belum, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut.

1. Mencoba keluar dari zona nyaman 

5 Tips Mengasah Kemampuan Berpikir Out Of The Box, Terus Kembangkan! Ilustrasi latihan boxing (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Zona nyaman memang memberikan sensasi kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita mungkin akan menolak ketika dituntut untuk keluar dari hal-hal yang memberikan rasa tenang dan damai ini

Lagi-lagi, jika kamu ingin memiliki kemampuan berpikir out of the box tentu kebiasan ini harus mulai diubah. Banyak peluang-peluang baru yang ada di luar zona nyamanmu, lho. Jangan takut untuk melawan arus. Terus lakukan dengan niat yang sungguh-sungguh demi pengembangan dirimu. 

2. Bersedia melepaskan diri dari pola rutinitas yang sama 

5 Tips Mengasah Kemampuan Berpikir Out Of The Box, Terus Kembangkan! Ilustrasi naik transportasi umum (Pexels.com/Enrique Hoyos)

Terjebak pada pola rutinitas yang sama bisa berpotensi menghambat kreativitasmu, lho. Dengan begitu kamu akan sulit dalam menumbuhkan pola pikir yang out of the box.

Coba pikirkan untuk mengubah atau menambahkan hal-hal baru di rutinitas sehari-hari yang biasa kamu lakukan. Hal ini akan membuat pikiranmu mencerna berbagai insight baru yang belum dikenali sebelumnya. Kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil dulu. Misalnya, jika biasanya kamu ke kantor melalui rute A maka coba ubah melalui rute B.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Otak agar Terbiasa Berpikir Optimis, yuk Praktikkan!

3. Melihat suatu masalah dari berbagai sisi 

5 Tips Mengasah Kemampuan Berpikir Out Of The Box, Terus Kembangkan! Ilustrasi meneropong (Unsplash.com/Markus Spiske)

Penting sekali untuk melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Memikirkan sesuatu dari satu sisi saja bisa membuat pemikiran kita menjadi sempit, lho. Alhasil, tak akan ada solusi yang didapatkan.

Nah, cara mengasah kemampuan berpikir out of the box bisa kamu lakukan dengan kebiasaan ini. Melihat sesuatu dari berbagai sisi akan membuat pikiranmu lebih kritis dalam menanggapi suatu problem. Jangan biarkan pikiranmu stuck pada satu hal saja ya.

4. Menambah ilmu dan pengalaman baru 

5 Tips Mengasah Kemampuan Berpikir Out Of The Box, Terus Kembangkan! Ilustrasi membaca buku (Unsplash.com/Daniel)

Menambah ilmu serta pengalaman baik yang dilakukan secara mandiri atau diperoleh dari orang lain bisa meningkatkan wawasan kita tentang suatu hal. Semakin banyak ilmu dan pengalaman yang dimiliki, maka semakin kuat kemampuan kita untuk berpikir out of the box. Pasalnya, ilmu dan pengalaman yang kita dapat tidak hanya stuck pada satu hal saja.

Nah, hal ini bisa kamu lakukan melalui berbagai cara. Misalkan membaca buku, mengikuti pelatihan, mengikuti seminar, dan masih banyak lagi. Kini kamu bisa melakukannya secara online juga, lho. Jadi tidak ada lagi alasan untuk malas meng-upgrade ilmu serta pengalaman diri.

5. Bertukar pikiran dengan orang lain 

5 Tips Mengasah Kemampuan Berpikir Out Of The Box, Terus Kembangkan! Ilustrasi mengobrol dengan teman (Unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Salah satu tips untuk mengasah kemampuan berpikir out of the box berikutnya adalah melakukan interaksi dengan orang lain. Terkadang bertukar pikiran bersama orang lain bisa memicu kita memunculkan beragam ide-ide menarik bahkan terkesan weird sekalipun.

Meskipun terkesan diluar nalar, munculnya berbagai ide gila ini justru bisa mengasah kemampuan berpikir out of the box-mu, lho. Selain itu, jangan  menutup diri dari kritik dan masukan orang lain. Justru jadikan itu sebagai semangat untuk membentuk ide yang lebih bagus lagi ke depannya.

Meskipun tidak gampang, terus asah kemampuan out of the box-mu mulai dari sekarang. Melahirkan ide baru yang cemerlang bisa membuat kamu sukses ke depannya, lho. Terus lakukan dengan rutin dan konsisten agar hasilnya juga optimal.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Tetap Mampu Berpikir Cerdas walau Dalam Posisi Tertekan

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya