TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bergaya Hidup Sederhana tapi Tetap Mencukupi Segala Kebutuhanmu

Sederhana namun tetap menjalani hidup dengan baik

Pexels.com/Bruce Mars

Membahas soal hidup, ada salah satu hal yang konon sangat berpengaruh pada sulit dan mudahnya hidup seseorang, dan hal itu adalah gaya hidup yang dimiliki. Nah, dari banyaknya jenis dan tipe gaya hidup di dunia ini konon gaya hidup sederhana menjadi tipe yang banyak dipilih orang-orang.

Kamu bisa menjalani hidup dengan minimalis sekaligus dapat menata hidup dengan lebih baik, jika kamu ingin menerapkannya tips bergaya hidup sederhana tapi tetap mencukupi segala kebutuhanmu. Yuk simak!

1. Tidak jalan-jalan atau pergi keluar berlebihan

Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Tips pertama dalam menerapkan gaya hidup sederhana ialah dengan tidak bepergian atau jalan-jalan dengan berlebihan. Dengan kata lain kamu tetap bisa pergi kemanapun kamu suka, akan tetapi secukupnya dan seperlunya saja. Karena bepergian pasti perlu biaya, dan bergaya hidup sederhana berarti meminimalisir hal yang bisa memboroskan uang, bukan?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Belajar Menghargai Kerja Kerasmu Sendiri 

2. Tanam rasa syukur pada dirimu atas semua yang sudah dimiliki saat ini

Pexels.com/Kelvin Valerio

Lalu tipsnya yang kedua dalam bergaya hidup sederhana ialah dengan menanam rasa syukur di dalam dirimu atas segala hal yang telah dimiliki saat ini. Sebab dengan bersyukur kamu pun akan merasa cukup, tidak muluk-muluk untuk hidup mewah dan menjalani hidup apa adanya dengan sederhana.

3. Atur keuangan dengan sebijak-bijaknya

Pexels.com/Karolina Grabowska

Poin utama dalam gaya hidup sederhana ialah hidup secara minimalis, hemat, dan menghindari hal yang menyia-nyiakan uang. Maka dari itu kamu perlu mengatur keuangan dengan sebijak-bijaknya. Agar segala pemasukan dan pengeluaranmu teratur dan tidak habis sia-sia. Kamu bisa mempelajari hal ini pelan-pelan.

4. Berhenti bersikap konsumtif dengan tidak menuruti semua keinginan diri sendiri

Pexels.com/Rodnae Productions

Kamu perlu mengetahui bahwa pantangan terbesar dalam gaya hidup sederhana ialah pemborosan, alias bersikap konsumtif dengan membeli atau menghabiskan uang untuk hal yang tidak begitu diperlukan. Maka dari itu kalau kamu benar-benar ingin menerapkan gaya hidup sederhana, hentikan sikap konsumtif dan berhenti menuruti keinginan diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Bisa Dipetik jika Memiliki Sikap Tidak Pernah Puas

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya