TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Perlu Jaga Jarak saat Teman Sudah Nikah, Hargai Prioritasnya

Mengerti kalau prioritas utamanya sekarang keluarga

ilustrasi berkumpul (pexels.com/Ivan Samkov)

Seiring berjalannya waktu, prioritas dalam hidup kita akan berubah mengikuti keadaan. Begitu pula dengan teman-teman yang gak bisa selalu dituntut untuk ada di dekat kita, karena prioritas hidupnya juga berubah. Maka dari itu ada beberapa alasan kenapa menjaga jarak dengan teman yang sudah menikah. 

Bukan bermaksud menjauhi teman, tapi mengerti dengan kondisi hidupnya yang pasti berubah setelah menikah. Alasan untuk jaga jarak ialah untuk menghargai prioritas hidupnya, tahu batasan diri untuk tidak mengganggu rumah tangganya, hingga sadar kalau masa bermain sudah selesai. Bisa dibilang kalau jaga jarak dengan teman yang sudah menikah itu bentuk respek dan pengertian, dijelaskan lebih dalam pada tiga poin di bawah ini. 

1. Menghargai prioritas hidupnya yang berubah ke keluarga

ilustrasi keluarga (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Alasan utama jaga jarak dengan teman yang sudah menikah ialah untuk menghargai prioritas hidupnya. Bahwa semakin dewasa kita akan paham kalau prioritas dalam hidup berubah ketika menikah. Makanya mengerti untuk jaga jarak ketika teman sudah berada di fase itu. 

Bukan menjauhinya, akan tetapi tidak sesering dulu untuk bertemu dan main bersama karena prioritas utamanya dalam hidup berubah. Makanya ketika memutuskan menikah pastikan untuk sudah puas main-mainnya bersama teman. Karena kalau setelah menikah lebih mengutamakan keluarga sebagaimana mestinya orang dewasa yang sudah tahu prioritas hidup. 

2. Tahu diri untuk tidak mengganggu rumah tangga teman

ilustrasi pasangan (pexels.com/KoolShooters)

Alasan lainnya untuk jaga jarak ketika teman sudah menikah ialah sebagai bentuk tahu diri tidak mengganggu rumah tangganya. Bahwa ketika sudah menikah tentu ada banyak tanggung jawab dan waktu yang dihabiskan untuk mengurus kehidupan rumah tangganya. Sebagai teman tentu harus tahu diri untuk tidak mengganggu rumah tangga orang. 

Makanya wajar banget kalau banyak hubungan pertemanan yang gak seerat dulu ketika sudah pada menikah. Karena masing-masing sibuk dengan kehidupan rumah tangganya, dan saling tahu batasan diri untuk tidak mengganggu satu sama lain. Saling mendo'akan yang baik tanpa ikut campur atau merusuhi kehidupan teman yang sudah menikah. 

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya