TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasannya Kenapa Terlalu Peduli Sama Urusan Orang Justru Gak Baik

Kepedulianmu itu malah bisa berubah jadi gangguan, lho

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Semua orang pasti punya rasa empati di dalam dirinya, yang mana kerap ditunjukkan dengan bersimpati dan peduli pada orang lain. Perasaan peduli dan khawatir pada orang lain yang biasanya membuat kita mencari tahu kabarnya, menolong, dan menanyakan apakah ia mengalami kesulitan.

Akan tetapi menunjukkan kepedulian yang seperti itu baiknya gak dilakukan setiap saat, karena setiap orang punya urusan pribadi masing-masing yang belum tentu baik jika kamu campuri. Dan berikut ini adalah beberapa alasannya kenapa terlalu peduli sama urusan orang justru gak baik, simak biar lebih paham ya!

1. Gak semua orang senang ketika urusannya dicampuri orang

Pexels.com/August De Richelieu

Alasannya yang pertama ialah karena gak semua orang senang urusannya dicampuri orang. Apalagi kalau kamu bolak-balik menanyakan tentang masalah pribadinya, yang mana mungkin hal itu mau ia jaga sebagai privasi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Realistis dalam Urusan Asmara

2. Kepedulianmu bisa menjadi gangguan untuknya

Pexels.com/Cottonbro

Ingin tahu dan ingin membantu mungkin didasari oleh rasa peduli olehmu, akan tetapi jika orang yang menerima hal itu tidak menginginkannya, kepedulianmu justru bisa berubah menjadi gangguan baginya lho. Dia malah merasa risi dan tidak nyaman.

3. Hati-hati, rasa pedulimu bisa berubah jadi kepo

Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Alasan berikutnya adalah kamu harusnya lebih hati-hati karena kepedulianmu justru bisa berubah menjadi kepo. Karena kamu terlalu peduli sama urusan orang, mencari tahu setiap masalahnya padahal hal itu tidak ada urusannya denganmu sama sekali. 

4. Bahkan bersikap peduli pun harus tahu batas, lho!

Pexels.com/Cottonbro

Terlalu peduli sama urusan orang lain justru gak baik karena pada dasarnya bersikap peduli pun juga ada batasannya. Jangan terlalu baik supaya gak dimanfaatkan, dan jangan terlalu peduli juga agar tidak membuat orang lain risi dengan sikapmu. Karena ada waktunya di mana kamu membiarkan orang menyelesaikan masalah sendiri, dan tahu batas-batas privasi yang tidak sopan jika kamu mencampuri urusannya.

Baca Juga: 5 Dampak yang Terjadi Saat Tak Bisa Pisahkan Urusan Kantor & Pribadi

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya