TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara agar Hidupmu Terhindar dari Fitnah & Niat Buruk Orang Lain

Biar orang lain gak berbuat sembarangan padamu!

Pexels.com/Bruce Mars

Kita semua tahu bahwa dalam hidup ini selalu ada hal-hal tak terduga yang terjadi tanpa bisa dikendalikan, salah satu contohnya adalah niatan buruk orang lain atau fitnah yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan.

Karena sebaik apapun kamu pasti ada saja orang yang tidak suka, akan tetapi meski tak bisa dihindari namun setidaknya bisa berusaha agar terhindar dari hal buruk itu, kan? Seperti melakukan hal-hal dan cara yang ada dalam pembahasan di bawah ini agar hidupmu terhindar dari fitnah dan niat buruk orang. Yuk simak untuk lebih jelasnya!

1. Jagalah kepercayaan orang dengan hati-hati

Pexels.com/Helena Lopes

Supaya hidupmu terhindar dari fitnah dan niat buruk orang lain adalah bisa dimulai dengan hati-hati dalam menjaga kepercayaan orang lain. Karena memberi kepercayaan itu gak gampang, jadi dengan menghargai rasa percaya orang lain terhadapmu maka mereka pun juga akan menghargaimu sebagai sosok yang amanah. Dengan begitu fitnah-fitnah buruk gak sembarangan tertuju padamu.

2. Jangan main-main dengan perkataan dan sikapmu

Pexels.com/Sora Shimazaki

Bisa dikatakan bahwa sikap dan perkataan seseorang adalah cerminan diri, maka dari itu jangan pernah main-main dengan perkataan ataupun prilakumu pada orang lain. Karena kalau kamu sendiri saja membuat cerminan diri yang buruk maka jangan salahkan orang lain jika mereka menuduh atau berniat buruk padamu. Karena kamu sendiri tidak membuat dirimu dipandang baik oleh orang lain.

Baca Juga: Bahaya Fitnah, 8 Perusahaan Ini Hampir Runtuh karena Hoaks

3. Tunjukkan sikap tegas dan sisi kuat pribadimu

Pexels.com/August De Richelieu

Kemudian, kalau ingin hidupmu terhindar dari fitnah dan niat buruk orang lain maka tunjukkanlah sikap tegas dan sisi kuat pribadimu pada orang-orang. Jangan sampai dirimu terlihat lemah di mata mereka, karena bisa menjadi target untuk hal-hal jahat. Dunia ini kejam lho, jadi kamu harus bisa menjaga diri dan menunjukkan sisi kuat pribadimu!

4. Tidak terlibat dalam kejahatan dan menjaga hubungan baik dengan orang lain

Pexels.com/Nicole Michalou

Lalu caranya yang keempat untuk menjaga dirimu agar dijauhkan dari niat buruk orang lain atau fitnah ialah dengan tidak terlibat segala macam kejahatan dan mampu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Karena biasanya hal-hal buruk bisa dipicu oleh hubungan yang rusak dan tidak baik. Maka dengan menjaganya diharapkan bisa membuat hidupmu jadi lebih aman dan damai.

Baca Juga: Gak Cuma Niat, Perhatikan 5 Hal Ini agar Sukses Ubah Kebiasaan Buruk

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya