5 Cara Mengadakan Diskusi dengan Baik dan Saling Kooperatif

Biar gak ada yang saling menyudutkan #ANGPOIN #IDNTimesLife

ilustrasi rapat (pexels.com/Fauxels)

Mengadakan suatu rapat, pertemuan, atau diskusi itu bukanlah tugas yang gampang dijalani siapa saja. Apalagi jika yang didiskusikan adalah suatu hal yang penting atau sensitif, tapi gak diadakan dengan persiapan atau arahan, tertentu bisa saja malah berakhir dengan pertengkaran antara anggota.

Jadi, bisa dibilang bahwa ada caranya tersendiri untuk mengadakan diskusi agar berjalan dengan baik dan kooperatif. Apa sajakah itu? Yuk, simak lima cara di antaranya dalam pembahasan di bawah ini.

1. Hargai pendapat semua orang tanpa terkecuali

ilustrasi ngobrol (pexels.com/Fauxels)

Cara agar diskusi berjalan baik dan kooperatif adalah menghargai pendapat semua orang tanpa terkecuali. Tak peduli pangkat, status, atau derajat sosial yang dimiliki, pendapat semua orang yang terlibat diskusi harus dihargai dengan sama rata.

Pokoknya, jangan ada pilih kasih pada pihak mana pun, deh! Dijamin, diskusi bakal berjalan dengan baik dan tenang hingga akhir.

Baca Juga: 5 Jenis Komunikasi Beracun yang Bisa Merusak Hubunganmu dan Pasangan

2. Memahami apa tujuan dari diskusi

ilustrasi rapat (pexels.com/Sora Shimazaki)

Pahami apa yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya diskusi tersebut. Perlu diketahui bahwa dalam hal ini, gak cuma pihak yang melaksanakan diskusi saja yang mesti memahami tujuan diskusi, tapi semua orang yang terlibat di dalamnya juga harus paham.

Kenapa seperti itu? Hal itu supaya gak ada yang membuat ulah ketika diskusi berlangsung dan mengacaukannya. Selain itu, tujuannya agar topik pembicaraan ga keluar arah.

3. Usahakan untuk selalu menyampaikan pemikiran dengan beretika

ilustrasi rapat (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Kalau mau diskusi berjalan dengan baik dan saling kooperatif, sangat penting bagi semua orang yang ikut serta untuk menyampaikan pendapatnya dengan beretika. Kalau pada kegiatan biasa saja perlu etika, apalagi ketika diskusi yang terdapat banyak interaksi di dalamnya.

Cara ini dilakukan demi mencegah adanya kesalahpahaman selama diskusi berlangsung dan menghindari agar tidak ada pihak yang tersinggung pada ucapan satu sama lain.

4. Menjelaskan dengan baik jika ada yang tersinggung atau emosional ketika diskusi

ilustrasi rapat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan adanya perbedaan kepribadian pada diri setiap orang yang ikut dalam diskusi, gak bisa dimungkiri kalau ada kemungkinan salah satu orang yang tersinggung atau bahkan mungkin sampai emosional.

Kadang, hal ini tak bisa dihindari karena tingkat sensitif semua orang juga berbeda. Jadi, cara mengatasinya dengan menjelaskan secara jelas agar orang yang tadinya tersinggung bisa mengerti dan tak salah paham. Dengan begitu, diskusi tetap bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Pentingnya Komunikasi Sehat dalam Sebuah Hubungan 

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya