TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Risiko Mudik Tanpa Rencana, Bisa Kehabisan Tiket dan Serba Kacau

Banyak kendala yang bisa terjadi di perjalanan

ilustrasi wanita bepergian (pexels.com/Veerasak)

Menjelang momen besar seperti lebaran biasanya diramaikan dengan arus mudik yang meningkat. Yang mana banyak orang mengambil jatah cuti dan liburannya untuk pulang ke kampung halaman selama beberapa hari. 

Ada yang merencanakan dan mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, tapi ada pula tipe yang mudik secara spontan dan melakukannya tanpa planing apa-apa. Tipe yang kedua ini bisa dibilang penuh dengan risiko, karena mudik tanpa planing di momen ramai-ramainya bisa menimbulkan berbagai kendala di perjalanan. Beberapa contoh risikonya seperti lima poin di bawah ini. 

Baca Juga: 5 Tips Mudik Tanpa Hambatan, Atur Persiapannya dari Jauh-jauh Hari

1. Kehabisan tiket transportasi untuk pulang

ilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Risikonya yang paling mungkin terjadi kalau mau mudik tanpa rencana apa-apa ialah kehabisan tiket transportasi. Entah itu tiket pesawat, kapal, bus, kereta api, atau bahkan bus, karena di momen besar seperti lebaran yang mau mudik bukan kamu saja makanya sangat mungkin untuk tidak kedapatan tiket.

Makanya kalau mau aman harus direncanakan jauh-jauh hari dan booking dulu tiketnya. Atau risikonya bakal kehabisan dan batal berangkat mudik, atau bahkan harus membeli tiket dengan harga berkali lipat lebih mahal dari calo. 

Baca Juga: 5 Kegiatan Ini Pantang Dilakukan Tanpa Rencana, Bisa Rumit Nantinya!

2. Jadwal mudik ternyata berbenturan dengan pekerjaan atau urusan penting lain

ilustrasi stres (pexels.com/Energepic.com)

Mau mudik tanpa membuat perencanaan apa-apa juga berisiko berbenturan dengan jadwal penting lainnya. Bahwa ternyata dirimu punya pekerjaan dan urusan penting di tanggal akan mudik atau bahkan di hari yang berdekatan dengan tanggal berangkat mudik. 

Bisa kacau kalau jadwalnya berbenturan seperti ini karena tidak dipersiapkan dari jauh-jauh dari. Yang mana pilihannya cuma memundurkan jadwal mudik, membatalkan pekerjaan, atau bahkan tidak jadi berangkat mudik. 

3. Gak sempat packing barang bawaan karena waktunya yang sempit

ilustrasi koper (pexels.com/Vlada Karpovich)

Mudik tanpa perencanaan dan persiapan sama saja seperti pergi berperang tanpa bawa senjata. Yang mana dalam mengemas barang bawaan kamu jadi gak teliti pada barang-barang yang dibawa karena waktunya yang sempit. 

Risikonya membuat barang yang ingin dibawa jadi tertinggal, parahnya lagi kalau ada titipan keluarga yang ternyata tidak dibawa saat mudik. Jadinya satu malam sebelum keberangkatan repot sendiri packing barang bawaan dengan terburu-buru. 

4. Terjebak macet dan terkendala di perjalanan

ilustrasi pria bepergian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika mudik di momen besar seperti lebaran atau tahun baru pasti jalanan bakal macet. Yang mana kalau memperkirakannya dari jauh hari mungkin bisa menyiapkan rencana cadangan seperti mengambil rute jalan tertentu, atau berangkat pada jam tertentu untuk menghindari kemacetan. 

Namun jika musiknya tanpa planing maka terima saja nasib kalau terjebak macet dan terkena kendala selama di perjalanan. Entah itu macet panjang selama berjam-jam, keberangkatan transportasi yang delay, atau bahkan padatnya jalur transit yang membingungkanmu. 

Baca Juga: 5 Trik agar Hidupmu Gak Gampang Boros, Bikin Rencana sebelum Belanja!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya