TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat agar Bisa Ikhlas dalam Berbagai Hal, Harus Ekstra Sabar! 

Bikin hidup terasa lebih bahagia 

ilustrasi tersenyum (pexels.com/Julia Avamotive)

Cobaan hidup memang selalu datang silih berganti. Ada kalanya kita merasa beban masalah ini sangatlah berat untuk dipikul hingga akhirnya emosi negatif menjalar ke mana-mana. Tanpa sadar, hal ini lambat laut semakin merugikan diri sendiri hingga orang lain.

Untuk itu, belajar ikhlas dalam berbagai hal harus segera kamu praktikkan agar hidup jadi terasa lebih menyenangkan untuk dijalani. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, coba lima kiat berikut ini.

1. Lakukan reframing

ilustrasi berkaca (pexels.com/Gabriel Pompeo)

Reframing merupakan teknik yang bagus agar kamu semakin ikhlas dalam melakukan berbagai hal. Terkadang, peristiwa pelik membawa kamu pada emosi negatif yang tiada habisnya, lho. Nah, membingkai ulang melalui sudut pandang baru akhirnya membuat diri merespon dengan cara positif.  

Semua hal tergantung pada konteks yang kalian buat, bukan? Sesuatu yang buruk, belum tentu sepenuhnya buruk bagimu. Lakukan teknik ini agar berbagai hal entah itu menyenangkan maupun menyedihkan bisa kamu kerjakan dengan penuh keikhlasan.

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Susah Melakukan Kebaikan dengan Ikhlas

2. Belajar mengontrol emosi, harus sabar! 

ilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengontrol emosi memang bukan hal yang mudah dilakukan. Banyaknya pemicu yang muncul, semakin membuat kamu kehilangan kendali akan diri sendiri. Untuk itu, mulai belajarlah mengontrol emosi agar kamu tidak terpancing melakukan hal yang merugikan.

Tenangkan diri dari beragam peristiwa yang mengusik kehidupan. Ingatlah, jika meresponnya dengan marah-marah saja justru tidak akan memberi solusi. Kamu harus ekstra bersabar!

3. Selalu ambil hikmah baiknya 

ilustrasi perempuan karier (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ketika masalah tiba-tiba muncul, pasti rasanya sangat sedih, bukan? Kecewa, marah, kesal menjadi umpan balik yang wajar kamu lakukan. Namun, jangan sampai berlarut-larut, ya.

Segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Seberat apapun itu, pasti ada hal baik yang bisa kita ambil dibaliknya. Percayalah jika kesulitan tidaklah abadi. Bersabarlah menanti suatu hal indah yang akan terjadi di depan.

4. Cobalah untuk memaafkan 

ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Fauxels)

Menjadi sosok yang ikhlas dalam berbagai hal akan mustahil terjadi jika kita tidak mau memaafkan diri sendiri hingga orang lain. Segala hal yang menyakiti dirimu harus kamu enyahkan dulu agar perjalanan ke depan jadi semakin menenangkan.

Ketika hati dan pikiran dipenuhi rasa dendam, maka sulit bagi kita untuk bisa ikhlas, lho. Sebaliknya, mencoba untuk memaafkan akan membuat hati lebih tenang dan damai.

Baca Juga: 5 Tips Jadi Perempuan Berdaya di Usia Muda, Bahagia Sepanjang Masa

Verified Writer

Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya